Sukses

Wagub DKI Bersyukur Reuni 212 Batal Digelar di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur acara Reuni 212 batal digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Acara tersebut rencananya akan digelar di Kabupaten Bogor, tepatnya di Pesantren Az-Zikra, Sentul.

"Alhamdulillah, informasi yang kami terima teman-teman panitia sangat bijak dan adil, mencari solusi, yaitu berdasar informasi yang kami terima, akan diadakan di tempat Ustaz Arifin Ilham di Pondok Pesantren Az Zikra," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (29/11/2021) malam.

Kata Riza, keputusan tersebut diambil panitia karena kawasan Monas masih belum dibuka untuk umum. Selain itu, Polda Metro Jaya juga belum menerbitkan izin karena tidak adanya rekomendasi dari Satgas Covid-19.

"Kan Polda juga harus ada izin dari Satgas Covid-19-19, Satgas Covid-19 juga harus mempertimbangkan kalau diberi izin, khawatir ada penularan dan sebagainya, terus bagaimana ketertiban umum dan lainnya," ujar dia, seperti dikutip dari Antara.

Politikus Partai Gerindra ini menyebut, pemilihan lokasi Reuni 212 di Pesantren Az Zikra adalah pilihan baik panitia acara di tengah keinginan untuk berkumpul dari para simpatisan Aksi 212.

"Ini keputusan yang sangat baik dan bijak, tidak dilaksanakan di tengah kota yang masih ramai, tidak mengganggu ketertiban umum, Insyaallah tidak akan disusupi, kalau di pondok pesantren di masjid Insyaallah aman, damai, dan pasti mendapat Ridha Allah SWT," kata Riza.

2 dari 2 halaman

Reuni 212 Batal Digelar di Monas

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni 212 memutuskan untuk membatalkan acara tahunan Reuni 2021 pada 2 Desember 2021 mendatang, yang rencananya akan digelar di Lapangan Monas, Jakarta. 

Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menjelaskan, pelaksanaan Reuni 212 tahun ini bakal dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus   doa bersama untuk Almarhum Ustaz Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming," kata Slamet Maarif dalam keterangan tulis, Senin (29/11/2021).

Slamet pun mengimbau bagi Alumni 212 di berbagai daerah untuk membuat acara yang serupa dengan tetap menjaga ciri khas 212 dan menaati protokol kesehatan (Prokes).

"Mengimbau dan menginstruksikan kepada seluruh Alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan berupa pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," imbaunya.

Keputusan itu, kata Slamet, diambil pascapihaknya mendengar berbagai masukan dari para ulama.

Kendati begitu, menurut Slamet, pihaknya telah bekerja keras untuk mendapatkan izin pelaksanaan Reuni 212 di lapangan Monas.

"Panitia Reuni 212 tahun 2021 telah bekerja keras mengurus perizinan  tempat yaitu di  Lapangan Monas (sesuai sejarah 212 itu sendiri) dan di Bundaran Patung Kuda dan Berkomunikasi dengan berbagai pihak," katanya.