Sukses

Kunjungi Pengungsi Banjir Sintang, Kepala BNPB Pastikan Bantuan Diterima

Kepada para pengungsi banjir Sintang, Kepala BNPB Suharyanto juga mengingatkan untuk tetap jalankan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto menyambangi lokasi pengungsian warga terdampak banjir yang berada di SD Negeri 15 Sintang, Kelurahan Kapuas Kiri Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (20/11/2021).

Kunjungannya guna memastikan bahwa penanganan pengungsi telah dilakukan dengan baik dan bantuan yang diberikan BNPB kepada warga terdampak banjir Sintang telah sampai serta diterima dengan baik.

"Bantuan terkait kebutuhan dasar pengungsi, kesehatan, peralatan sudah bisa dioperasionalkan dan sudah diterima masyarakat. Kami datang untuk memastikan itu," jelas Suharyanto.

Pada kesempatan tersebut, mantan Pangdam V Brawijaya itu juga menyempatkan diri berdialog dengan beberapa warga. Dari dialog tersebut, ia melihat sendiri kondisi masyarakat sudah mulai pulih, sehat dan jauh lebih baik.

"Mereka rata-rata secara mental tidak mengalami kesedihan yang mendalam. Tadi kami bercanda dan menghibur para pengungsi," ungkap Kepala BNPB Suharyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengungsi Diminta Tetap Jalankan Prokes

Lebih lanjut, Suharyanto yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 itu juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari adanya penularan COVID-19.

"Ibu-ibu, protokol kesehatannya tetap dijaga ya. Pakai masker. Nanti kami akan beri masker gratis," ucapnya kepada para warga.

Di ujung peninjauan posko pengungsian, Suharyanto juga menyerahkan beberapa bantuan secara simbolis untuk mendukung penanganan pengungsi dan memenuhi kebutuhan dasar mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.