Sukses

4 Hal Terkait DPR Sambangi Rumah Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Sebelum menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI, DPR RI melalui Komisi I telah melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI, DPR RI melalui Komisi I telah melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021.

Selain itu, perwakilan Komisi I DPR juga telah melakukan verifikasi faktual dengan menyambangi kediaman Andika Perkasa pada Minggu 7 November 2021 di bilangan Senayan, Jakarta Selatan.

Sejumlah anggota Komisi I hadir dalam verifikasi faktual tersebut, antara lain Lodewijk Freidrich Paulus dari Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP Krisantus Kurniawan, Ketua Komisi I Meutya Hafid, Fraksi PKB Taufik Abdullah, serta Fraksi Gerindra Bambang Kristiono dan Fraksi PKS Abdul Haris. Mereka tiba di kediaman Andika sekitar pukul 15.30 WIB.

"Besok (hari ini Minggu 7 November 2021) ada ke rumah (Pak Andika), cuma perwakilan kita dari fraksi-fraksi," kata Bobby di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Sementara itu, menurut Anggota Komisi I dari Fraksi PKS Abdul Haris, selama berada di kediaman Andika, rombongan Komisi I hanya membahas soal hobi.

"Tadi ngobrol-ngobrol sekitar hobi kita, hobi olahraga, kebetulan rata-rata hobi olahraga. Jadi kita bicara sekitar itu saja, enggak ada yang penting," ujar Abdul Haris.

Berikut 4 hal terkait Koisi I DPR RI sambangi kediaman Jenderal Andika Perkasa dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hanya Perwakilan Fraksi

Komisi I DPR melakukan verifikasi faktual dokumen Panglima TNI terpilih Jenderal Andika Perkasa di kediamannya di bilangan Senayan, Jakarta Selatan pada Minggu (7/11/2021).

Sejumlah anggota Komisi I hadir dalam verifikasi faktual tersebut. Adapun Lodewijk Freidrich Paulus dari Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP Krisantus Kurniawan, Ketua Komisi I Meutya Hafid, Fraksi PKB Taufik Abdullah, serta Fraksi Gerindra Bambang Kristiono dan Fraksi PKS Abdul Haris. Mereka tiba di kediaman Andika sekitar pukul 15.30 WIB.

Kunjungan tersebut telah dijadwalkan sebelumnya. Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, kunjungan itu dilakukan untuk melakukan verifikasi faktual dalam rangkaian ujian Andika sebagai calon Panglima TNI.

"Besok (hari ini Minggu 7 November 2021) ada ke rumah (Pak Andika), cuma perwakilan kita dari fraksi-fraksi," kata Bobby di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Bobby menambahkan, perwakilan yang hadir ke rumah Andika Perkasa adalah dua orang tiap fraksi. Nantinya, perwakilan yang hadir dari partainya adalah Meutya Hafid dan Lodewijk Paulus.

"Rencananya kunjungan akan dilakukan pukul 16.00 WIB," papar Bobby.

Bobby mengungkap, kunjungan ke rumah Andika adalah tradisi yang dilakukan Parlemen usai tes uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

 

3 dari 6 halaman

2. Disuguhi Nasi Liwet

Rombongan Komisi I DPR RI bertandang ke kediaman calon Panglima TNI yang telah disetujui, Jenderal Andika Perkasa di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Minggu sore 7 November 2021.

Anggota Komisi I dari Fraksi PKS, Abdul Haris mengatakan, rombongan Komisi I dijamu nasi liwet khas Solo oleh tuan rumah.

"Tadi ada nasi liwet, kebetulan saya orang Solo ngetes nasi liwetnya itu masuk," kata Abdul Haris.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengobrol, Bahas soal Hobi

Menurut Abdul Haris, selama berada di kediaman Andika, rombongan Komisi I hanya membahas soal hobi.

"Tadi ngobrol-ngobrol sekitar hobi kita, hobi olahraga, kebetulan rata-rata hobi olahraga. Jadi kita bicara sekitar itu saja, enggak ada yang penting," terang Abdul Haris.

 

5 dari 6 halaman

4. Lakukan Verifikasi Faktual

Abdul Haris menerangkan kedatangan mereka selain demi silaturahmi juga melakukan verifikasi faktual.

"Kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, ketemu juga dengan putranya tadi. Kalau bahasa kerennya ya verifikasi virtual agar besok dikirim ke DPR kami sudah berkunjung dan kita membuktikan Pak Jenderal Andika memang tinggal di sini," ujar dia.

Rombongan Komisi I tiba di tempat sekitar pukul 16:00 WIB dan baru keluar pukul 17.10 WIB.

 

(Muhammad Fikram Hakim Suladi)

6 dari 6 halaman

Karier Moncer dan Harta Kekayaan Jenderal Andika Perkasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.