Sukses

Tak Bisa Datang di Pembukaan, Jokowi Janji Hadiri Penutupan Peparnas Papua

Presiden Jokowi meminta maaf tidak bisa hadir secara langsung dalam pembukaan Peparnas 2021 di Papua karena sedang menjalani karantina sepulang dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta maaf kepada masyarakat Papua karena tak dapat menghadiri secara langsung pembukaan Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) ke-XVI. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pembukaan Peparnas secara virtual, Jumat (5/11/2021).

"Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) ke-XVI, bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa dan tentunya pace, mace, kakak-kakak, saudara semuanya," kata Jokowi.

Jokowi mengaku saat ini sedang menjalankan karantina mandiri usai melakukan kunjungan di luar negeri. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah sampai di Tanah Air pada hari ini.

"Sebenarnya tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di Tanah Air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta," ucapnya.

Jokowi berjanji akan hadir dalam penutupan Peparnas. Dia menyakini penyelenggaraan Peparnas di Papua akan berjalan sukses dan meriah.

"Saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura. Karena Papua selalu ada di hati saya," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Karantina di Istana Bogor

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 5 November 2021 pukul 08.30 WIB.

Jokowi usai melakukan kunjungan kerja ke luar negeri selama sepekan dari tanggal 29 Oktober 2021. Kali ini tak ada satu pun pejabat penjemput kedatangan presiden dari kunjungan ke luar negeri.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan hal tersebut sesuai aturan yang berlaku. Yakni setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri diwajibkan menjalani karantina.

"Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di tanah air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat," kata Heru dalam keterangan pers, Jumat (5/11/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Peparnas adalah pesta olahraga nasional bagi atlet penyandang disabilitas di Indonesia
    Peparnas adalah pesta olahraga nasional bagi atlet penyandang disabilitas di Indonesia

    Peparnas

  • Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI dilaksanakan di Kota Jayapura, Papua

    Peparnas Papua

  • Peparnas 2021 digelar di Kota Jayapura, Papua, selama 15 hari lamanya, terhitung sejak tanggal 5 - 15 November 2021
    Peparnas 2021 digelar di Kota Jayapura, Papua, selama 15 hari lamanya, terhitung sejak tanggal 5 - 15 November 2021

    Peparnas 2021

  • Papua