Sukses

Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral dengan Presiden AS, Jeff Bezos, hingga Bill Gates

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memulai rangkaian kunjungannya di Glasgow, Skotlandia, pada Senin (1/11/2021), dengan sejumlah agenda yang cukup padat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memulai rangkaian kunjungannya di Glasgow, Skotlandia, pada Senin (1/11/2021), dengan sejumlah agenda yang cukup padat. Salah satunya, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan pengusaha Jeff Bezos hingga Pendiri Microsoft, Bill Gates.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Jokowi akan mengawali rangkaian kunjungan ke Glasgow dengan melakukan pertemuan bisnis dengan perusahaan Inggris yang akan berinvestasi di Indonesia.

"Kegiatan Presiden sudah sangat-sangat padat. Acara besok dimulai dengan pertemuan bisnis dengan beberapa perusahaan Inggris yang berencana untuk berinvestasi baru atau menambahkan investasi baru di Indonesia, termasuk di bidang investasi hijau," ujar Retno dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

Setelah itu, Jokowi akan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 yang digelar di Scottish Event Campus (SEC). Presiden Jokowi juga akan menyampaikan national statement dalam pertemuan COP26 tersebut.

Di sela-sela kegiatan KTT COP26, Jokowi turut diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara dan juga sejumlah pihak. Mulai dari, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, CEO Rockefeller, Jeff Bezos, dan Bill Gates.

"Presiden juga akan mengunjungi paviliun Indonesia dan melakukan serangkaian pertemuan bilateral," kata Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KTT COP26 berlangsung 1-2 November 2021

Sore harinya, Jokowi akan menghadiri VVIP Reception yang digelar oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di Kelvingrove Art Museum, Glasgow, Skotlandia.

Seperti diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 berlangsung pada tanggal 1-2 November 2021. KTT yang dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson tersebut akan dihadiri oleh 121 kepala negara dan kepala pemerintahan.

Jokowi menegaskan, posisi Indonesia dalam isu perubahan iklim adalah sangat konsisten. Menurut dia, Indonesia akan terus bekerja keras memenuhi komitmen yang telah dibuat.

"Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” jelas Presiden dalam keterangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat, 29 Oktober 2021 lalu.

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.