Sukses

Ratusan Pemulung di TPA Rawakucing Tangerang Divaksinasi Pfizer

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pemulung menjalani vaksinasi Covid-19 di TPA Rawakucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa (28/9/2021). Terdata ada 645 pemulung yang biasa bekerja di TPA Rawakucing mendapat vaksinasi jenis Pfizer.

Vaksinasi dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai di hari yang sama.

Terpantau di lapangan, lokasi vaksinasi berdekatan dengan gunungan sampah. TPA Rawakucing sendiri merupakan tempat terakhir pembuangan sampah di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, vaksinasi Covid-19 dilaksanakan untuk membentuk kekebalan tubuh dari virus Corona kepada para pemulung.

"Vaksinasi buat masyarakat khususnya, masyarakat yang memang aktivitas di sekitar TPA Rawakucing. Kurang lebih pesertanya ada 645 didukung oleh Dinkes dan Puskesmas, alhamdulillah kita lihat lancar," kata Arief.

Dia menyebut, Dinkes Kota Tangerang mengalami hambatan dan kendala di lapangan untuk melakukan vaksinasi kepada para pemulung. Sebab, mereka memang tidak biasa untuk vaksin dan tidak terbiasa dengan jarum suntik.

"Kebanyakan masyarakat khawatir takut divaksin, ada yang bilang jarumnnya besar dan lain sebagainnya. Jadi ternyata yang sudah divaksin, aman-aman saja," kata Arief.

2 dari 2 halaman

Bantuan Sembako

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar mengatakan, pihaknya menargetkan 645 pemulung sebagai penerima vaksin Covid-19 merek Pfizer tersebut.

"Untuk kegiatan hari ini adalah vaksinasi pada saudara-saudara kita, pemulung yang ada di TPA Rawa Kucing," ujar Tihar.

Dia juga mengaku, animo dari para pemulung untuk menerima vaksinasi Covid-19 tergolong tinggi. Usai divaksin, pihak DLH juga memberikan sembako kepada ratusan pemulung tersebut.

Dia melanjutkan, penyuntikan vaksin dosis kedua untuk 645 pemulung itu akan dilaksanakan pada 14 hari lagi.

"Pelaksanaan vaksin keduanya di dua minggu yang akan datang, nanti kita akan agendakan kembali. Bisa di sini atau di puskesmas setempat," kata Tihar.