Sukses

Jadi Ketum Persatuan Radio, Ganjar Sapa Pendengar dan Penyiar Radio Daerah se-Indonesia

Liputan6.com, Pasuruan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa sejumlah penyiar atau awak radio daerah pada live talkshow serentak Radio Ramapati Kota Pasuruan, Jawa Timur, dari Gedung Gradika Pemkot Pasuruan, Jumat (17/9/2021).

Acara itu juga disiarkan secara serentak melalui akun media sosial Radio Ramapati Pasuruan, serta radio dan televisi publik anggota Indonesiapersada.id, yang terbentang dari Aceh hingga Papua. 

Ganjar yang didapuk sebagai Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah se-Indonesia (Indonesiapersada.id) pun menyapa sejumlah penyiar. Salah satunya, dari salah satu stasiun radio dari Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

"Ibu pejabat atau penyiar," kata Ganjar kepada penyiar radio tersebut.

Begitu mendengar pertanyaan Ganjar, sang penyiar antusias. Dia tak menyangka bisa berbicara dengan Ketua Umum Indonesiapersada.id itu.  

"Kami di sini memang harus semua bisa. Bisa nyiar, reporter juga. Salam hormat kami ke Pak Ganjar. Biasanya kami melihat Pak Ganjar dari televisi atau medsos," ucapnya.

Seorang awak radio daerah dari Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara juga turut menyapa Ganjar, dalam live talkshow bertajuk Radio Itu Asyik dengan host Ketua Umum Indonesiapersada.id sebelumnya Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

"Radio kami kurang bisa on air. Kerusakannya karena gempa bumi tahun kemarin. Sehingga untuk biaya operasional belum kami perbaiki, karena ada refocusing Covid. Radio kami masih terkendala dengan perbaikan. Jaringan komunikasi masih sangat sering terjadi gangguan. Bupatinya mendukung," kata penyiar dari radio Halmahera Utara itu.

2 dari 2 halaman

Awak Radio Diajak Manfaatkan Grup Whatsapp

Ganjar mengatakan, masalah yang muncul dari radio daerah memang tak sedikit. Makanya, awak radio hendaknya bisa memanfaatkan grup percakapan aplikasi WhatsApp untuk menyampaikan kendalanya.

Dalam talkshow itu, Ganjar ditemani sejumlah nara sumber seperti Pelaksana tugas Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Bupati Magetan Suprawoto, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, dan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin.

Pada acara tersebut dilakukan pula penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id, dari Gus Ipul kepada Ganjar. Selanjutnya, Ganjar akan memimpin organisasi itu hingga 2023 mendatang. 

 

(*)