Sukses

Rawan Bencana, Risma Beri Perhatian Khusus di Pesisir Selatan Jatim

Risma memberi perhatian khusus kepada sejumlah wilayah di pesisir selatan Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma memberi perhatian khusus kepada sejumlah wilayah di pesisir selatan Jawa Timur.

Sebabnya wilayah di sana dianggap rawan akan bencana gempa bumi yang dapat memicu gelombang tsunami.

Salah satu daerah yang menjadi fokus Risma adalah Pacitan. Pihaknya bersama warga Pacitan menggelar simulasi evakuasi untuk menghadapi ancaman gempa bumi dan tsunami.

"Simulasi dilakukan di Pacitan karena memang di sini diperhitungkan paling tinggi dampak dari bencana. Mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi kalau memang terjadi diharapkan dampaknya bisa diminimalkan," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Usai menjajal evakuasi, Risma memberikan pesan kepada Tagana, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk memastikan lebih detail jalur evakuasi, termasuk di tengah kota yang padat penduduk.

"Pastikan kalian membuat simulasi lebih detail kemana masyarakat harus menyelamatkan diri. Perhitungkan yang mengungsi adalah lanjut usia dengan waktu hanya sekitar 20 menit," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritaskan Kelompok Rentan

Risma juga berpesan kepada pemerintah daerah dan pilar sosial untuk memperhatikan serius penyelamatan terhadap kelompok rentan, termasuk lanjut usia.

"Kasih titik di mana saja mereka tinggal. Ini akan memudahkan langkah evakuasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.