Sukses

Satgas: Juli Jadi Bulan Terbanyak Jumlah Kematian Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kematian akibat covid-19 di Indonesia pada angka yang mengkhawatirkan. Jumlah itu semakin meroket pada Juli 2021, yang disebut kasus kematiannya tertinggi sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia.

"Kematian di Indonesia bertambah lebih dari 1.000 setiap harinya, bahkan pada tanggal 27 Juli lalu kematian harian mencapai 2.069 dalam satu hari, jumlah kematian di bulan Juli ini menjadi bulan dengan kematian paling banyak selama pandemi di Indonesia," katanya Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito jumpa pers perkembangan penanganan Covid-19, Kamis (29/7).

Dia mengatakan, jika dilihat provinsi yang mengalami tingkat kematian mingguan per tanggal 25 Juli lalu, ada 5 dari 10 provinsi berasal dari luar Jawa Bali yang tingkat kematiannya tinggi. Hal itu mesti diwaspadai oleh kepada daerah.

"Kita perlu waspada juga dengan Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan yang turut menajadi penyumbang tertinggi kematian mingguan," ungkapnya.

"Hal ini harus menjadi alarm bagi pemerintah daerahnya karena sebagian besar kabupaten kota di provinsi tidak menjalankan PPKM Level 4," pungkasnya yang dikutip dari Antara.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Jumlah Kasus

Sementara, kasus positif Covid-19 di RI masih terus meningkat. Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Kamis (28/7) hari ini, tercatat ada penambahan 43.479 orang terpapar virus corona.

Dengan jumlah tersebut, total akumulatif kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 3.331.206 sejak virus corona terdeteksi pada bulan Maret 2020 tahun lalu.

Sedangkan kasus sembuh di Indonesia bertambah sebanyak 45.494 orang. Dengan penambahan itu, sudah 2.686.170 yang sembuh dari virus asal Wuhan, China tersebut.

Untuk kasus kematian akibat Covid-19 juga terus bertambah. Pada hari ini ada penambahan sebanyak 1.893 orang meninggal karena corona. Sehingga, total orang meninggal di Indonesia menjadi 90.552 orang.

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com.