Sukses

Jokowi: ASN Harus Beri Pelayanan Terbaik, Jangan Seperti Zaman Kolonial

Jokowi menekankan bahwa semua aparatur sipil negara (ASN) harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa semua aparatur sipil negara (ASN) harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dia meminta para ASN tak berlagak seperti zaman belanda yang justru ingin dilayani.

"Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi," kata Jokowi melalui tayangan Youtube Kemenpan-RB, Selasa (27/7/2021).

Dia mengatakan bahwa setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani dan membantu masyarakat. Hal inilah yang menjadi alasan ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara.

Menurut Jokowi, otoritas dan sumber daya ini harus digunakan oleh para ASN secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara. Selain itu, ASN juga harus menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis dan di tengah dunia yang penuh distrupsi.

"Peningkatan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan menjadi mutlak bagi ASN," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASN Harus Tingkatkan Kemampuan

Jokowi menuturkan, banyaknya masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh satu dinas, satu daerah, dan satu kementerian atau lembaga. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ASN untuk terus meningkatkan kemampuan mereka.

"Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin," kata dia.

Jokowi mengingatkan para ASN untuk selalu memegang teguh nilai-nilai dasar saat menjalankan tugas. Dia ingin semua ASN baik di pusat maupun daerah memiliki semboyan yang sama yakni, sesuai dengan Pancasila.

"Aparatur sipil negara dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama mempunyai semboyan yang sama. ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • ASN adalah singkatan dari Aparatur Sipil Negara.

    ASN