Sukses

Begini Cara Kapolda Metro Jaya Ringankan Beban Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menggandeng anggota lalu lintas untuk menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Pemberian bantuan sosial bertajuk 'Bhayangkara untuk Negeri' tersebut merupakan salah satu program yang digaungkan oleh Polda Metro Jaya. Fadil berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat.

"Ingat saudara-saudara, sebutir beras yang sampai ke tangan mereka akan menjadi ladang ibadah, ladang pahala buat kita semua," ucap dia di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (10/7/2021).

Bantuan yang diberikan berupa beras, gula, minyak goreng dan kebutuhan harian lainnya. Fadil mengatakan, pendistribusian sembako bagi warga terdampak Covid-19 dilakukan secara door to door.

Fadil mengatakan, anggota lalu lintas juga akan mendata kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat termasuk warga yang belum menerima vaksinasi Covid-19.

"Sambangi masyarakat dengan masuk-keluar kampung, berikan sembako ini. Tanyakan kesulitannya apa kalian catat nanti kita evaluasi. Kalau belum vaksinasi, foto KTP-nya dengan handphone, nanti kita jadikan basis data untuk mendatangi mereka vaksinasi door to door," ujar Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Fadil memuji sekaligus mengingatkan anggota yang bertugas di lapangan untuk selalu menjaga kesehatan. Di antaranya dengan mematuhi protokol kesehatan guna menghindari tertular virus Covid-19.

"Saya bangga karena kalian tidak hanya bertugas mengatur lalu lintas, tapi di situasi sulit ini berempati ikut aktif memberikan bantuan logistik baik. Semoga ini menjadi angin segar yang memberikan kesejukan kepada masyarakat yang menerimanya," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Siapa Saja Sasarannya?

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menambahkan, ada 20 ton beras, 2 ton gula pasir dan kebutuhan lain yang dibawa oleh anggota lalu lintas. Mereka langsung door to door kepada masyarakat yang sangat membutuhkan logistik tersebut.

"Siapa saja sasarannya? contoh masyarakat di daerah padat penduduk yang merasakan jadi kesulitan selama pandemi Covid-19," ucap dia.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan jumlah kendaraan yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak 100 kendaraan terdiri dari 80 mobil patroli dan 20 motor patroli.

"Kendaraan digunakan untuk berkeliling seantero Jakarta dengan sektor pembagian masing-masing untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat covid 19," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: