Sukses

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Mulai Pulih dari Covid-19

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron telah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron telah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus Covid-19. Kini kondisi pimpinan KPK berlatar belakang akademisi ini mulai kembali pulih setelah menjalani isolasi mandiri sejak Senin 28 Juni 2021.

"Alhamdulillah insyaAllah sembuh setelah beberapa hari menjalani isolasi dan pengobatan, hari ini saya merasakan badan saya enakan. Mulai pulih sedia kala," ujar Ghufron dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Ghufron sebelumnya mengalami gejala sesak nafas dan meriang, namun dianjurkan menjalani isolasi mandiri oleh dokter. Setelah lebih dari tujuh hari menjalani isolasi mandiri, Ghufron mengaku berhasil melawan virus tersebut.

"Kepada segenap sahabat semua yang sedang terpapar Covid-19, percayalah anda semua akan mampu melewati masa inkubasi Covid-19, lima atau tujuh hari. Setelah itu anda akan mengalami pemulihan diri," kata Ghufron.

Ghufron menyarankan kepada seluruh pasien Covid-19 untuk tetap bersemangat menjalani proses kesembuhan. Menurut Ghufron, presentasi pasien sembuh lebih banyak ketimbang pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19.

"Penting saya sampaikan ini karena di tengah saling susul-menyusulnya berita wafatnya sahabat, para ulama karena Covid-19 yang membanjiri ruang dengar dan baca, sosmed, grup-grup semakin mengerikan, bahwa yang wafat banyak benar, namun presentase kesembuhan sesungguhnya jauh lebih banyak," kata Ghufron.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Swab PCR

Ghufron mengaku hingga hari ini dirinya belum kembali menjalani tes swab antigen maupun PCR untuk mengetahui apakah dirinya masih positif atau sudah negatif. Menurut Ghufron, masa inkubasi Covid-19 di dalam tubuhnya sudah lewat.

"Saya belum tes PCR kembali karena jabwalnya masih besok. Namun dalam perasaan saya sudah sehat, setidaknya indikator Covid-19 sudah tidak ada lagi pada diri saya. Panas, sesak, indra rasa dan bau semua sudah pulih," kata Ghufron.

Ghufron menceritakan kondisinya yang sudah stabil kini untuk memberikan semangat bagi para pasien Covid-19.

"Mari alumni Covid-19, kalau kita tak mampu mengobati sabahat kita yang sakit, mari setidaknya kita bersedekah semangat hidup, sebarkan cerita sukses anda melawan Covid-19," kata Ghufron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Nurul Ghufron