Sukses

Ada RT Alami Lockdown, Ganjar Apresiasi Upaya Jogo Tonggo Warga Wirun Purworejo 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kekompakan Jogo Tonggo warga Desa Wirun, Kutoarjo, Kabupaten Purworejo di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Purworejo Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kekompakan Jogo Tonggo warga Desa Wirun, Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Kepedulian warga desa menunjukkan bahwa gerakan saling tolong menolong tumbuh subur di Jawa Tengah, meski diguncang musibah pandemi Covid-19.

Di Desa Wirun, ada salah satu RT yang terpaksa di lockdown karena peningkatan kasus Covid-19 tinggi. Tercatat 34 warga di RT3/5 Dusun Ngandagan Desa Wirun yang harus isolasi mandiri di rumah masing-masing karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Yang menarik, selama di lockdown itu kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi. Tak ada yang kesulitan, karena gotong royong dan bantuan dari kalangan masyarakat lain berjalan.

"Jadi semuanya membantu. Tak hanya warga sekitar, ada gerakan RT-RT lain satu desa, yang ikut membantu," kata Kades Wirun, Wahyudi kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau desa itu, Kamis (1/7).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ragam Bantuan Warga

Tak hanya makanan, bantuan dari RT-RT lain untuk RT 3/5 yang di lockdown juga beragam jenisnya. Ada bantuan untuk keperluan pemakaman, bantuan peti jenazah, APD, Hazmat dan lainnya.

"Dari desa juga mengeluarkan anggaran untuk memberikan bantuan pada warga yang diisolasi. Setiap warga yang positif dan isolasi, kami bantu logistik Rp150.000," jelasnya.

Ganjar bangga sekali saat mengecek pelaksanaan Jogo Tonggo di Kabupaten Purworejo itu. Menurutnya, cara inilah yang membuatnya optimis penanganan pandemi akan berjalan sukses.

"Ini bagus sekali Jogo Tonggonya, ketika ada satu RT di lockdown, banyak RT lain yang membantu. Saya bahagia sekali, karena ini artinya masyarakat bisa digerakkan dengan daya yang mereka miliki sendiri," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Jogo Tonggo di Purworejo Lebih Maju

Ganjar menerangkan, beberapa kali dirinya mengecek program Jogo Tonggo di berbagai daerah, semua kompak untuk saling membantu.

"Artinya, masyarakat bisa digerakkan dengan daya yang mereka miliki sendiri. Ketahanan di level RT dan Desa-Desa di Jateng sangat kuat. Karena di sini yang diberikan solusi, datang langsung bantu," jelasnya.

Bahkan tak hanya logistik, Jogo Tonggo di Purworejo itu juga disebut Ganjar sudah lebih maju. Sebab, mereka juga mengurusi warganya yang kesulitan ekonomi.

"Jadu kalau ada keluarga istrinya positif, suaminya kan tidak bisa kerja. Itu dibantu dari desa. Konsepnya bagus, satu langkah lebih maju ke depan. Mudah-mudahan ini bisa dijadikan contoh," pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini