Sukses

Jokowi Sebut Megawati Lahirkan UU KPK, Nilai Tepat Dapat Gelar Profesor Kehormatan

Jokowi menyebut, Megawati merupakan pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tepat mendapat gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan). Lantaran, Megawati dinilai menggambarkan sosok pemimpin yang strategis.

Hal ini terlihat dari sejumlah kebijakan yang lahir di era kepemimpinan Megawati. Mulai dari, UU Anterorisme hingga UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Terlalu banyak kebijakan yang bisa ditujukan untuk menggambarkan kepemimpinan strategis beliau," jelas Jokowi saat Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati di Universitas Pertahanan RI, Jumat (11/6/2021).

"Mulai dari, ekonomi kerakyatan, lahirnya UU sistem jaminan sosial nasional, lahirnya Perppu dan UU Antiterorisme, lahirnya UU KPK, dan masih banyak lagi," sambungnya.

Menurut dia, kebijakan-kebijakan tersebut menunjukkan kepemimpinan strategis yang dilakukan Megawati dalam membela kepentingan rakyat dan memperjuangkam antikorupsi. Jokowi mengatakan karakter kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin.

"Semua itu sekali lagi, menunjukan kepemimpinan strategis beliau dalam membela kepentingan rakyat, dalam memperjuangkan demokrasi dan antikorupsi dan memperjuangkan kepentingan kepentingan nasional lainnya," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangkan nasib wong cilik

Dia menyebut, Megawati merupakan pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan di Indonesia. Salah satunya, dalam memperjuangkan nasib wong cilik.

"Keteguhan dan konsistensi beliau sudah sangat teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik, dalam memperjuangkan demokrasi dan hak-hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara," tutur Jokowi.

Sebagai seorang aktivis pejuang demokrasi, kata dia, Ketua Umum PDIP itu menjadi simbol keberanian untuk memperjuangkan hak-hak politik rakyat. Jokowi menilai Megawati merupakan sosok yang telah membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah yang sedang memperjuangkan hak-haknya.

"Sebagai seorang politisi, Ibu Megawati telah memberikan contoh kepada kita semua bahwa menjadi politisi tidak harus berada di dalam pemerintahan. Menjadi politisi harus siap di dalam pemerintahan dan harus siap berada di luar pemerintahan," ujar Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri