Sukses

Swab Antigen Acak Usai Lebaran di Tangerang, 33 Warga Positif Covid-19

Liputan6.com, Tangerang - Setelah empat hari melakukan tracing potensi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran, Dinas kesehatan Kota Tangerang menemukan 33 orang positif terinfeksi virus Corona.

Hasil tersebut didapati dari 2.834 sampel swab antigen yang berlangsung di check point, pusat keramaian, hingga ke permukiman yang menyasar keluarga yang telah pulang dari mudik Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspadewi mengungkapkan, 14 dari 33 orang yang didapati positif Covid-19 tersebut adalah warga luar Kota Tangerang. Mulai dari Jakarta, Lebak, Kabupaten Tangerang, hingga Kota Tangsel.

"Tak sedikit dari mereka yang di luar Kota Tangerang, tetap kami fasilitasi untuk melakukan isolasi di RIT Jurumudi Baru. Selebihnya, sudah dijemput oleh jajaran Dinkes domisili setempat dari hasil koordinasi antar wilayah," ungkap Liza, Sabtu (22/5/2021).

Kadinkes juga memaparkan, meski Kamis, 20 Mei 2021 menjadi hari terakhir tracing Covid-19 di pusat keramaian dengan swab antigen, pihaknya tak akan menyudahi tracing. Tracing akan kembali dilanjutkan di berbagai pusat keramaian dengan cara tes GeNose.

 

2 dari 3 halaman

Hingga 24 Mei 2021

Menurut Liza, untuk swab antigen di check point masih akan berlangsung dua hari hingga hari ini. Kemudian swab antigen bagi keluarga yang mudik berlangsung hingga Senin 24 Mei mendatang.

"Swab rumah tangga arus balik ini dilakukan oleh 32 Puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang. Dengan begitu, keluarga yang melakukan aktivitas mudik dan ingin mendapatkan swab gratis, bisa melakukan pengajuan melalui RT/RW setempat," jelas Liza.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: