Sukses

Polisi Sarankan Pemudik DKI yang Sudah Swab Antigen Pasang Stiker di Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyarankan kepada pemudik yang sudah mengantongi surat bebas Covid-19 untuk memberikan tanda khusus berupa stiker di kendaraannya. Hal ini untuk memudahkan pemudik dalam melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.

"Minta stikernya, untuk kendaraan pribadi atau umum yang sudah dilakukan swab Antigen untuk bisa memudahkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (18/5/2021).

Yusri menerangkan, pemudik diharapkan melakukan swab test antigen sebelum bertolak ke DKI Jakarta. Pemudik boleh meninggalkan kampung halaman jika hasil tesnya negatif.

"Kita mengharapkan warga Jakarta yang pulang kembali untuk tetap melakukan swab antigen di daerah asal dia berangkat. Ini kewajiban," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Pemudik Diminta Datangi Polsek untuk Swab Antigen

Sementara itu, bagi warga yang berhasil lolos sampai di Jakarta tanpa menunjukkan surat bebas Covid-19 sebaiknya secara sukarela mendatangi Polsek agar dilakukan pemeriksaan swab antigen.

"Karena seluruh Polsek kita siapkan swab antigen gratis," ujar dia.

Yusri menyoroti perihal fenomena RT-RW yang menolak pemudik kembali ke kediaman bila tidak menunjukkan surat negatif swab antigen. Hal ini menurutnya untuk mencegah penularan covid-19.

"Ada beberapa RT/RW yang menolak warganya yang mudik kembali, tanpa memperlihatkan swab antigen. Makanya kebijakan yang dikeluarkan Kapolda Metro Jaya semua Polsek disiapkan pos swab antigen gratis. Silakan ke situ nanti akan dapat surat keterangan," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: