Sukses

BMKG: Waspada Potensi Banjir Lahar Dingin di Gunung Sinabung Akibat Cuaca Ekstrem

BMKG memperingatkan masyarakat tentang potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, salah satunya di sekitar Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat tentang potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, salah satunya di sekitar Gunung Sinabung, Kabupaten Karo.

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan masyarakat sekitar Gunung Sinabung agar selalu waspada potensi banjir lahar dingin.

Analisis Forecaster Pelayanan Jasa Wilayah I BBMKG Medan, Martha Manurung, mengimbau masyarakat untuk menghindari daerah rentan bencana seperti lembah sungai, lereng, rawan longsor, pohon yang mudah tumbang dan tepi pantai.

"BMKG mengimbau agar waspada potensi hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor, " kata Martha soal Gunung Sinabung seperti dilansir Antara, Sabtu (15/5/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juga Waspadai Tanah Longsor

Martha juga meminta masyarakat mewaspadai potensi dampak seperti banjir/banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan.

Serta memonitor perkembangan informasi cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG melalui website resmi http://www.bmkg.go.id, social media di di Instagram, twitter, facebook dan Youtube, aplikasi mobile phone infoBMKG dan melalui call center 196.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.