Sukses

Top 3 News: Pernyataan Terkini Panglima TNI soal KRI Nanggala-402

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, kapal selam KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya gugur usai hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 lalu di Perairan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Berita terkait pernyataan terkini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto soal kapal selam KRI Nanggala-402 menjadi top 3 news hari ini.

Hadi menyampaikan, kapal selam KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya gugur usai hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 lalu di Perairan Bali.

Dirinya menegaskan, ada bukti-bukti otentik yang dimiliki oleh pemerintah untuk menyimpulkan para prajurit dalam KRI Nanggala 402 telah gugur.

Kemudian, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono mengatakan, proses evakuasi KRI Nanggala-402 akan bekerja sama dengan The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO).

Karena dia menegaskan akan melakukan berbagai upaya agar KRI Nanggala-402 bisa terangkat dari kedalaman 838 meter ini. Sementara, awak kapal selam tersebut akan dievakuasi menuju Surabaya dan juga Banyuwangi.

Sementara itu berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, Partai Ummat akan segera dideklarasikan pada 29 April 2021. Salah satu nama yang disorot adalah menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi disebut sebagai salah satu calon ketua umum.

Hal tersebut disampaikan Pendiri Partai Ummat Agung Mozin. Menurutnya, dalam proses memilih calon ketua umum di majelis syuro, nama Ridho menjadi salah satu usulan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 26 April 2021:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4 Pernyataan Terkini Panglima TNI soal Tenggelamnya KRI Nanggala 402

Kapal selam KRI Nanggala 402 telah dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya gugur. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," ujar Panglima TNI dalam jumpa pers di Badung, Bali, Minggu, 25 April 2021.

Dirinya menegaskan, ada bukti-bukti otentik yang dimiliki oleh pemerintah untuk menyimpulkan para prajurit dalam KRI Nanggala 402 telah gugur.

"KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer," ucap Hadi.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

TNI Gandeng ISMERLO Evakuasi Kapal Selam KRI Nanggala 402

Kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam di kedalaman 838 meter perairan Bali. Sementara 53 awak kapal selam tersebut dinyatakan gugur dalam tugas.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono mengatakan, proses evakuasi KRI Nanggala-402 akan bekerja sama dengan The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO).

"Pengangkatan nanti akan kita koordinasikan dengan pihak terkait khususnya di dalam ISMERLO, apa yang bisa dilakukan dengan kondisi seperti ini karena dengan badan tekan yang masih utuh tadi, apakah ditali, diangkat seperti jangkar itu bagaimana nanti akan kita bahas lebih lanjut," kata Yudo dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu, 25 April 2021.

Ia memastikan tetap melakukan berbagai upaya agar KRI Nanggala 402 bisa terangkat dari kedalaman 838 meter ini. Sementara, awak kapal selam tersebut akan dievakuasi menuju Surabaya dan juga Banyuwangi.

"Begitu masuk subsunk tahap evakuasinya nanti kita tindak lanjuti ke Surabaya atau sesuai dengan permintaan keluarga, karena ada tiga orang berasal dari Banyuwangi," katanya dikutip dari Antara.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

Menantu Amien Rais Jadi Calon Kuat Ketua Umum Partai Ummat

Partai Ummat akan segera dideklarasikan pada 29 April 2021. Nama menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi disebut sebagai salah satu calon ketua umum.

Hal ini dibenarkan Pendiri Partai Ummat Agung Mozin. Ia menyebut dalam proses memilih calon ketua umum di majelis syuro, nama Ridho menjadi salah satu usulan.

"Itu baru salah satu usulan. Masih bisa berubah-ubah," ujar Agung ketika dihubungi, Senin, 26 April 2021.

Menurut Agung ada beberapa orang selain Ridho yang masuk bursa calon ketua umum. Namun, siapa orangnya dirahasiakan. Dia menjelaskan, Majelis Syuro yang dipimpin Amien Rais bermusyawarah memilih calon ketua umum. Ada beberapa nama yang diusulkan peserta dan komponen ormas.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala 402

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.