Sukses

Panglima TNI: Kerahkan Segenap Kemampuan untuk Membawa Pulang Saudara Kita

Marsekal Hadi pun meminta doa agar prajurit yang berada di KRI Nanggala-402 bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan sebuah pesan kepada tim pencari kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Dalam video hampir dua menit itu, Marsekal Hadi meminta tim pencari mengerahkan seluruh kemampuannya agar membawa pulang prajurit TNI yang terjebak di kapal selam tersebut.

"Seluruh prajurit yang sedang melaksanakan pencarian dan pertolongan KRI Nanggala-402 di laut Bali di sini Panglima TNI. Saya turut prihatin dengan kejadian dialami prajurit KRI Nanggala-402 dan personil yang onboard di dalamnya," kata Panglima dalam video itu, Kamis (22/4/2021).

"Kita akan terus melaksanakan pencarian dan pertolongan serta mengerahkan segenap kemampuan untuk membawa pulang kembali saudara-saudara kita prajurit KRI Nanggala-402 kepada keluarga mereka," lanjutnya.

Marsekal Hadi pun meminta doa agar prajurit yang berada di KRI Nanggala-402 bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

"Mari kita senantiasa berdoa semoga keluarga kita prajurit KRI Nanggala-402 dalam kondisi selamat dan segera kita temukan. Tabah sampai akhir," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak saat melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan Selat Bali. Jajaran TNI Angkatan Laut (AL) kini tengah bergegas melakukan pencarian.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Humas Kementerian Pertahanan yang diterima Liputan6.com, Rabu (21/4/2021), KRI Nanggala akan melaksanakan penembakan Torpedo SUT. Atas dasar itu, tim meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB.

Setelah diberikan izin menyelam sesuai prosedur, nyatanya kapal hilang kontak dan tidak bisa dihubungi. Pencarian pun dilakukan dengan mengirimkan Satgas KRI REM, KRI GNR, dan KRI DPN dengan menggunakan sonar aktif namun hasilnya nihil.

Pukul 07.00 WIB melalui pengamatan udara dengan helikopter, ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membawa 53 Awak

Selanjutnya pukul 14.00 WIB, KRI Rigel dari Dishidros Jakarta dan KRI Rengat dari Satuan Ranjau diberangkatkan untuk membantu pencarian dengan menggunakan side scan sonar.

Dalam latihan tersebut, KRI Nanggala membawa 53 awak dengan 49 ABK, 1 komandan kapal, dan 3 orang Arsenal. TNI AL juga telah mengirimkan distres International Submarine Escape and Rescue Liaison Officer (ISMERLO).

Beberapa negara sudah merespons dan siap memberikan bantuan di antaranya adalah AL Singapura, AL Australia, dan AL India.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.