Sukses

Kemenkes: Jumlah Masyarakat yang Divaksinasi Menurun Saat Bulan Puasa

Penurunan terjadi hingga mencapai separuhnya dibandung bulan Maret sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia melaporkan, ada penurunan tren jumlah penyuntikan vaksin di bulan April. Angkanya mencapai 200-250 ribu dosis per hari. Salah satu penyebabnya adalah momentum bulan puasa.

"Di bulan April terjadi penurunan penyuntikan (vaksinasi COVID-19) per hari, saat puasa juga terjadi penurunan dosis penyuntikannya karena awal-awal puasa mungkin masih beradaptasi dengan kondisi tersebut," ungkap Nadia dalam paparannya di webinar PB IDI, Minggu (18/4/2021).

Selain itu, lanjut Nadia, alasan lain menurunnya tren penyuntikan juga disebabkan karena jumlah dosis vaksin yang terbatas. Tercatat, di bulan Maret, jumlah stok vaksin adalah 18 juta dosis, namun di bulan April ketersediaannya hanya sekitar 7-15 juta dosis.

"30 Maret kita menyentuh angka 500 ribu suntikan per hari, tapi di bulan April tren penyuntikan (vaksinasi COVID-19) menurun sampai 250 ribu dosis per hari,” beber dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Takut Vaksin Habis

Nadia meminta, masyarakat untuk tidak takut kehabisan vaksin. Sebab hari ini Indonesia kembali menerima 6 juta dosis bulk vaksin, serta nanti di bulan Mei, 20 juta dosis vaksin akan kembali didatangkan.

“Jadi di bulan Mei nanti ada tambahan beberapa juta dosis, sehingga percepatan penyuntikan harus dikembalikan," Nadia menandasi.

 

Reporter: Rifa Yusya

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.