Sukses

Bantu Korban PHK, Jokowi Minta Kepala Daerah Perbanyak Program Padat Karya

Jokowi meminta kepala daerah memanfaatkan APBD untuk memberikan pekerjaan kepada masyarakat lapisan bawah yang terdampak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepala daerah memanfaatkan APBD untuk memberikan pekerjaan kepada masyarakat lapisan bawah yang terdampak pandemi Covid-19.

Dia berharap, program-program padat karya diperbanyak sehingga dapat membuka lapangan kerja.

Menurutnya,saat ini sejumlah pabrik yang berhenti beroperasi karena dampak pandemi Covid-19. Hal ini membuat banyak masyarakat yang akhirnya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Saya minta juga APBD ini bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah. Dengan cara, perbanyak program-program padat karya untuk penciptaan lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya," kata Jokowi saat memberi pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah di Istana Negara Jakarta, Rabu 14 April 2021.

Menurut dia, program padat karya dapat dilakukan melalui perbaikan jalan, pembangunan irigasi, dan pembangunan sekolah. Jokowi meyakini program tersebut akan dapat menggerakan perekonomian di daerah.

"Ini akan menggerakan ekonomi daerah dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Sosial

Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk segera mengeksekusi bantuan sosial yang dibutuhkan masyarakat. Dia menyebut bahwa pemerintah pusat telah menggelontorkan dana untuk bantuan sosial bagi masyarakat terdampuk.

Namun, dia mengatakan pemerintah daerah dapat menyalurkan bantuan sosial di titik-titik yang belum tersentuh bantuan pemerintah pusat. Disamping itu, Jokowi juga meminta kepala daerah membantu para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

"Bantu juga usaha mikro kecil dan menengah, baik itu permodalan produksi maupun pemasarannya karena ini akan menggerakan ekonomi daerah. Utamakan mereka usaha mikro, usaha kecil," kata Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PHK adalah Pemutusan Hubungan Kerja, itu berarti seorang karyawan sudah diputuskan hubungan kerja dari perusahaan.

    PHK

  • Padat Karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin.

    padat karya

Video Terkini