Sukses

Wujudkan Janji Jokowi, Pemerintah Susun Desain Besar Manajemen Talenta Nasional

Dia menyampaikan, terdapat tiga bidang yang telah ditetapkan untuk menjadi ruang lingkup dalam Manajemen Talenta Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan merealisasikan salah satu janji kampanyenya, yakni membangun Manajemen Talenta Nasional. Saat ini, pemerintah tengah merancang desain besar (grand design) dari Manajemen Talenta Nasional.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam konferensi pers usai ratas bersama Presiden Jokowi, Selasa (30/3/2021), sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Manajemen Talenta Nasional adalah salah satu yang ingin dihadirkan oleh Bapak Presiden sesuai dengan janji Beliau di masa kampanye. Kami sedang menyusun sebuah grand design untuk memastikan Manajemen Talenta Nasional itu bisa terbentuk," jelas Suharso.

Dia menyampaikan, terdapat tiga bidang yang telah ditetapkan untuk menjadi ruang lingkup dalam Manajemen Talenta Nasional. Pertama, bidang riset dan inovasi dengan target peningkatan rasio SDM per 1 juta penduduk.

"Sekarang kita belum punya angka mudah-mudahan kita bisa berapa dari 260 juta (penduduk) ini berapa orang yang benar-benar mencapai suatu prestasi internasional dengan ukuran-ukurannya," katanya.

"Misalnya, siapa tahu kita bisa memenangkan Nobel, dan berbagai penghargaan yang menjadi sebuah rekognisi internasional atas sebuah bangsa," sambung Suharso.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sains dan Budaya

Kedua, bidang sains dan budaya dengan target sebuah karya-karya anak bangsa yang dikagumi dan diakui di dunia internasional. Ketiga, bidang olahraga dengan tujuan terbentuknya talenta-talenta baru yang berprestasi di 14 cabang olahraga.

"Jadi sebenarnya Manajemen Talenta Nasional adalah ingin mengelola sebuah keluarbiasaan yang dimiliki oleh warga negara kita dalam rangka membangkitkan kebanggaan nasional," ujar Suharso.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.