Sukses

Ternyata, Ini Alasan Baju Warna Gelap Serap Panas dengan Baik

Pakaian warna gelap tidak memantulkan lagi panas yang diserap.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara beriklim tropis. Alhasil pakaian yang digunakan pun ada baiknya disesuaikan dengan kondisi daerahnya. 

Misalnya kamu lagi di puncak, tapi kamu malah nggak pakai jaket. Padahal cuaca di puncak cenderung dingin. Saat siang hari di pusat ibu kota, kamu menggunakan jaket tebal. Ini justru dapat menyebabkan kamu kepanasan. 

Nah yang paling banyak dilakukan banyak orang adalah menggunakan pakaian berwarna hitam atau gelap di siang hari. Bukan salah kostum kok! Hanya saja, menggunakan pakaian warna gelap bisa bikin kita lebih gerah dan merasa panas. 

Lalu apa yang menyebabkan pakaian warna gelap lebih menyerap panas? Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 42 yang dibuat Kemendikbud, materi berjudul Kalor dan Warna menjelaskan alasannya lho. 

Jadi ternyata, baju warna gelap yang digunakan saat siang hari akan menyebarkan suhu panas ke seluruh tubuh. Itu karena pakaian warna gelap tidak memantulkan lagi panas yang diserap. 

Hal kebalikannya juga berlaku untuk baju warna gelap. Di malam hari, warna pakaian ini justru membuat kita merasa dingin. Itu karena baju warna hitam atau gelap menyerap panas dari dalam tubuhnya. 

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini