Sukses

Ridwan Kamil Akan Perbaiki Kali Bekasi: Sedang Lelang Tahun 2021

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana melakukan perbaikan pada Kali Bekasi pada tahun 2021 sebagai upaya menanggulangi banjir di wilayah Bekasi.

Adapun yang menjadi target perbaikan adalah aliran Kali Bekasi terutama pada pertemuan antara Sungai CIkeas dan Cileungsi.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil saat meninjau kondisi jebolnya tanggul Sungai Citarum di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

"Kali Bekasi itu ada pertemuan antara Sungai Cikeas dan Cileungsi, baru sedang lelang tahun ini karena ada sebagian tanah yang sedang dibebaskan. Mudah-mudahan dapat dikerjakan secepatnya," kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara, Selasa (23/2/2021).

Dia pun menuturkan, perbaikan Kali Bekasi bukanlah satu-satunya dalam upaya menanggulangi banjir, dengan berbagai macam perkembangannya.

"Jadi kalau ditanya apa upaya pemerintah, banyak sekali. Ada yang sudah dikerjakan 100 persen, 50 persen dan ada yang dikerjakan tahun ini," jelas Ridwan Kamil.

2 dari 3 halaman

Pekerjaan yang Sudah Selesai

Ridwan Kamil mengatakan, perbaikan Kali Bekasi merupakan bagian dari penanganan banjir di Jawa Barat.

Sebelumnya, penanganan telah dilakukan pada Sungai Cisangkuy yang diklaim telah rampung 100 persen.

"Yang beres 100 persen itu seperti Kali Cisangkuy, biasa banjir Citarum kini dibelokkan tapi tidak melewati permukiman. Ada juga yang dikerjakan tapi baru 50 persen yaitu kolam retensi untuk mengurangi banjir di Subang dan Karawang. Mudah-mudahan sampai akhir tahun beres jadi bisa mengurangi banjir. Kemudian Kali Bekasi juga yang sedang akan dilelang," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: