Sukses

Kapolda Metro: 9 Kampung Tangguh di Jakbar Efektif Turunkan Kasus Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menilai keberadaan Kampung Tangguh di Jakarta Barat, efektif menurunkan angka kasus positif Covid-19. Hal tersebut diyakini, sebab sembilan Kampung Tangguh dinyatakan nihil sebaran kasus.

"Di Jakarta Barat ada 9 Kampung Tangguh yang tadinya kasusnya ada variatif 30-50 kasus (per hari) saat ini sudah 0 kasus," kata Fadil dalam keterangannya saat meninjau Pasar Kopro, Jakarta Barat, Selasa (2/2/2021).

"Artinya ini sangat efektif," yakin dia.

Fadil menjelskan, Kampung Tangguh adalah program sinergitas dan kolaboratif antara Kapolda Metro, Pangdam Jaya dan Pemprov DKI, untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19. Implementasi di lapangan, adalah dengan membentuk satuan tugas oleh masing-masing kampung yang terdiri dari pelbagai elemem.

"Di sana ada satgas Covid, di sana ada satgas peningkatan kemampuan ekonomi, juga ada satgas keamanan," jelas Fadil.

Fadil berharap, kesuksesan sembilan kampung tangguh ini dapat ditiru. Kemudian, bagi yang sudah berhasil, Fadil berharap prestasi itu dapat dipertahankan hingga laju penyebaran terus dapat ditekan.

"Kita berharap melalui kampung tangguh ini masyarakat di tingkat RW bisa menjaga diri dan lingkungannya sendiri," harap dia.

 

2 dari 3 halaman

Program Swab Antigen Gratis

Diketahui, Polda Metro Jaya rencananya akan menggelar program swab antigen gratis. Hal ini adalah arahan langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Program ini rencananya akan dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni Senin dan Kamis, pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Tes ini dinyatakan gratis dengan utamanya menyasar kepada warga ekonominya lemah.

"Swab test antigen gratis hanya disediakan 100 kit setiap minggunya di masing-masing Polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ini dikarenakan masih adanya keterbatasan kemampuan dalam menyediakan swab test antigen secara gratis. Tapi Untuk menyiasati ini kami juga menyiapkan test antibodi," Fadil menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: