Sukses

Belajar dari Rumah Eps 6: Mengenal Transportasi umum dan Sikap Bijak Sebagai Penumpang

Liputan6.com, Jakarta Transportasi umum sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan transportasi umum, seseorang bisa pergi sesuai dengan lokasi yang dituju.

Angkutan umum terdiri dari beberapa transportasi.

Mulai dari bus, mikrolet dan kereta api. Untuk bus, biasanya mempunyai fisik yang besar dan mampu membawa banyak orang. Sedangkan untuk mikrolet, memiliki berukuran sedang yang mampu membawa orang tidak terlalu banyak.

Lalu ada kereta api. Untuk di Ibukota, kereta api memiliki kereta api yang disebut dengan Kereta Rel Listrik (KRL). Kereta tersebut mampu menghubungkan kota-kota di penyanggah Jakarta, seperti Bekasi, Bogor, dan Tangerang.

Kereta api memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak ketimbang bus dan mikrolet. Untuk KRL, memiliki stasiun-stasiun untuk pemberhentian.          

Sikap bijak

Sebagai penumpang transportasi umum, perlu adanya sikap bijak dan bertanggung jawab. Menggunakann transportasi umum tidak boleh bertindak semau penumpang dan selalu menjaga sikap saat di angkutan umum.

Selain itu, sebagai penumpang kita juga perlu memberikan tempat duduk bagi mereka yang membutuhkan atau yang bersifat prioritas. Mulai dari orangtua, penyandang disabilitas dan ibu hamil.

Selain itu, turun di halte-halte yang sudah disediakan.

 

(*)