Sukses

Terdampak Gempa, 46 Bangunan Sekolah di Majene Rusak Parah

Menurut catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Majene, ada sekitar 46 sekolah yang rusak akibat gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat, 15 Januari lalu, puluhan bangunan sekolah dilaporkan rusak parah. 

Menurut catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Majene, ada sekitar 46 sekolah yang rusak akibat gempa

"Sudah dilaporkan secara berjenjang ke Pemerintah Provinsi melalui Disdikbud Sulbar dan Satuan Tugas (Satgas) Pendidikan yang sudah dibentuk di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Kepala Disdikbud Majene Iskandar saat dihubungi Antara di Majene, Sabtu (23/1/2021). 

UPT tersebut, yakni Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) dan Pendidkan Masyarakat (Dikmas) serta diusulkan melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidkan (LPMP) Provinsi Sulbar. 

"Tingkat kerusakan gedung sekolah tersebut meliputi rusak ringan, sedang, berat hingga roboh," jelasnya. 

Kondisi gedung sekolah yang rusak ringan mengalami keretakan pada sebagian bangunan. Gedung sekolah yang rusak sedang akibat gempa, kondisi sebagian bangunan roboh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan dari Pemerintah

Sedangkan yang rusak berat terjadi pada seluruh bagian gedung, seperti retak dan semua gedung di sekolah rubuh.

Untuk mendata berapa jumlah gedung sekolah yang rusak, sejak hari ke-3 pasca-gempa hingga Kamis, 21 Januari lalu, pihak Disdikbud Majene melibatkan pihak sekolah untuk melaporkan kondisi bangunan sekolahnya dan turun langsung ke lapangan. 

Iskandar berharap gedung sekolah yang rusak hingga rubuh mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Majene

  • Gempa Mamuju