Sukses

Update Korban Banjir Kalsel: 21 Orang Meninggal, 63.698 Mengungsi

Sementara jumlah keluarga yang terdampak akibat banjir sebanyak 120.284 kartu keluarga (KK).

Liputan6.com, Jakarta - Korban meninggal akibat banjir Kalimantan Selatan bertambah menjadi 21 orang. Hal tersebut diungkap Danrem Provinsi Kalimantan Selatan Kolonel Inf. Firmansyah dalam konferensi pers melalui virtual.

"Jumlah korban meninggal menjadi 21 orang," ujar dia, Rabu (20/1/2021).

Sementara jumlah keluarga yang terdampak akibat banjir sebanyak 120.284 kartu keluarga (KK), jumlah korban yang terdampak 342.987 jiwa, dan jumlah pengungsi sebanyak 63.608. Dia mengatakan, jumlah tersebut masih ada kemungkinan akan bertambah.

Untuk intensitas hujan di Kalimantan Selatan saat ini hujan mulai mereda sejak kemarin. Dia berharap debit air di Kalimantan Selatan bisa segera menurun untuk memudahkan penanganan banjir di kawasan sekitar.

"Hujan dari kemarin sudah mulai reda, kami berharap air bisa cepat segera surut untuk memudahkan penanganan banjir," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan Lebat Diprediksi Masih Terjadi

Meski demikian, dia menyebut telah menerima informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait akan adanya hujan lebat dalam beberapa hari ke depan. BMKG menyebut intensitas hujan di Kalimantan Selatan akan berlangsung hingga Februari 2021.

"BMKG menyebut curah hujan akan kembali tinggi. Nah ini akan menjadi PR bagi kami dalam menangani banjir di Kalsel," kata dia.

Dia mengatakan, untuk saat ini, banjir masih melanda 11 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. "Kondisi banjir secara keseluruhan yang terdampak 11 kabupaten/kota," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.