Sukses

Kapal Basarnas dan Kapal Ditjen Hubla Benturan Saat Operasi SAR Sriwijaya Air

Arus laut begitu kencang hingga tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan Kapal Basarnas dan Kapal Ditjen Hubla benturan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca buruk mewarnai pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Kapal Basarnas KM Wisnu sempat berbenturan dengan Kapal Ditjen Hubla di perairan Kepulauan Seribu pada Selasa dini hari (19/1/2021).

"Iya pak memang tadi subuh atau dini hari. Benturan, benturan saja," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman saat dihubungi, Selasa (19/1/2021).

Rasman menyebut faktor cuaca menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Rasman menjelaskan, Kapal Basarnas KM Wisnu sedang lego jangkar atau berlabuh di Perairan Kepulauan Seribu.

Tiba-tiba, arus laut begitu kencang hingga tidak terkontrol sehingga mengakibatkan Kapal Basarnas dan Kapal Ditjen Hubla benturan.

"Ya karena cuaca kurang bagus, ya arusnya kencang juga. Hingga pada saat lempar jangkar dia tidak terkontrol, terlalu berdekatan. Akhirnya ada benturan," ucap Rasman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecelakaan tidak berdampak pada operasi SAR

Rasman mengatakan, akibat kecelakaan tersebut, Kapal Basarnas KM Wisnu mengalami kerusakan di bagian lambung kiri.

"Ada kerusakan sedikit di kapalnya Basarnas," ucap dia.

Namun demikian, Rasman mengatakan, kecelakaan tidak berdampak pada operasi SAR. Kapal Basarnas KM Wisnu masih melakukan pencarian di tengah laut.

"Tidak ganggu Operasi SAR. Sekarang kapalnya masih beroperasi," ucap Rasman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.