Sukses

Mahfud: Nama Calon Kapolri yang Beredar Spekulasi, Presiden Masih Pertimbangkan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengklaim nama calon kapolri yang beredar di media masih spekulasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengklaim nama calon kapolri yang beredar di media masih spekulasi. Pasalnya, kata dia, hingga kini Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum mengirim nama calon pengganti Jenderal Idham Azis itu ke DPR.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," kata Mahfud dikutip dari akun Twitternya @mohmahfudmd, Selasa (12/1/2021).

Menurut dia, Jokowi masih memikirkan dengan matang siapa sosok yang tepat untuk memimpin Korps Bhayangkara ke depan. Untuk itu, Mahfud menyebut belum ada yang mengetahui calon Kapolri pilihan Jokowi.

"Belum ada yang tahu siapa calon kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Terkuat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan menyerahkan nama calon kapolri para Rabu 13 Januari 2021 ke DPR RI. Jika menggunakan kalender Jawa, itu masuk pada Rabu Wage.

Terkait hal ini, Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid memprediksi hari tersebut memang akan dikirim oleh Jokowi.

"Hemat saya, mungkin Rabu keramat itu, kita tunggu saja. Semoga yang terbaik yang diusulkan dan dipilih jadi Kapolri," kata Jazilul saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (11/1/2021).

Dia menyebut, Rabu Wage itu bagus jika menurut hitungan Jawa dan neptu atau jumlah harinya adalah 11. Namun, saat ditanya apakah Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menjadi pilihan Jokowi sebagai calon kapolri, dia hanya menuturkan.

"Menurut saya, Pak Listyo Sigit Prabowo yang terkuat dan punya kedekatan. Insya Allah akan terpilih jika Allah dan Presiden mengkehendakinya," ungkap Jazilul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.