Sukses

Aksi Mensos Risma, Menyapa Tunawisma hingga ke Kolong Jembatan Kali Ciliwung

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kini tengah jadi sorotan. Pasalnya, belum lama dilantik menjadi menteri untuk membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, wanita yang kerap disapa Risma itu beberapa kali terlihat menemui sejumlah tunawisma di jalanan Ibu Kota.

Saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Risma memang dikenal sebagai sosok yang suka blusukan atau terjun langsung ke lapangan. Dirinya bahkan tak segan menegur bahkan memberi sanksi sosial kepada para pelanggar.

Aksi Tri Rismaharini di tugas barunya sebagai Menteri Sosial tak sedikit menuai pujian. Salah satunya datang dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

"Apa yang dilakukan Bu Risma sudah sangat baik. Karena bagaimanapun orang-orang kolong jembatan yang ada itu adalah orang-orang yang terpinggirkan, bagian dari kelompok marginal, yang kesejahteraannya sangat memprihatinkan," kata Prasetio dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 Desember 2020.

Risma mengaku berinteraksi langsung dengan para tunawisma akan rutin dilakukan. Karena menurut mantan Wali Kota Surabaya ini, penanganan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bukan sekadar memberi bantuan atas dasar belas kasihan.

Berikut sederet aksi Tri Rismaharini di jalanan Ibu Kota hingga menyita perhatian publik Tanah Air: 

2 dari 5 halaman

Hari Pertama Kerja, Temui 3 Tunawisma

Pada hari pertama kerja, Senin, 4 Januari kemarin, ada tiga tunawisma ditemui Risma. Mereka ditemukan menggelandang di trotoar Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Persis di sisi kanan Plaza UOB, dengan berjalan kaki, Risma menyapa dan berdialog menanyakan asal daerah tunawisma yang ditemuinya tersebut.

"Tinggal di mana? Mau ikut saya?" tanya Risma sambil menawarkan bantuan kesejahteraan sosial dan pembinaan.

"Tidak punya rumah," jawab tunawisma pertama yang bernama Fitri.

Fitri tak menyambut terbuka ajakan Risma. Kendati demikian, respons berbeda diterima Risma saat bertemu Faisal dan Kustubi. Mereka disambangi Risma di dua titik berbeda, tetapi masih di kawasan Jakarta Pusat.

Mereka mengiyakan tawaran Risma. Keduanya bersedia dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat

3 dari 5 halaman

Para Tunawisma Disapa Sebelum Bekerja

Kegiatan blusukan ini dilakukan Risma sebelum sampai di ruang kerjanya di Kantor Kemensos, Jalan Salemba, Jakarta Pusat. 

"Saya ingin dalam penanganan terhadap PPKS, tidak hanya dengan memberikan bantuan atas dasar belas kasihan (charity base), tapi juga memperhatikan kemandirian penerima manfaat dalam jangka panjang," ungkap Risma dalam siaran persnya.

4 dari 5 halaman

Blusukan ke Kolong Jembatan Ciliwung

Selain menyapa para tunawisma di trotoar di Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menemui para pemulung yang tinggal di kolong jembatan Kali Ciliwung.

"Pak, apa yang bisa saya bantu?" kata Risma saat mengecek kondisi para pemulung.

Risma berencana membangun Rusunawa bagi para pemulung. Dia menyakini, nantinya para pemulung bisa membayar setelah mendapat pelatihan dan peluang kerja.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: