Sukses

Sepekan Operasi Lilin, Kecelakaan di Jakarta dan Sekitarnya Turun 15 Persen

Sambodo menyebut, penurunan angka kecelakaan lalu lintas pada Operasi Lilin Jaya juga terkait dengan gencarnya imbauan keselamatan berlalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat angka kecelakaan menurun 15 persen selama satu pekan pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2020 di Jakarta dan sekitarnya dibanding periode yang sama pada 2019.

"Tahun 2019 selama Operasi Lilin ada 68 (kecelakaan), selama tahun ini ada 58. Jadi kurang lebih turun 10 kejadian atau turun sebanyak 15 persen," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Senin 28 Desember 2020, dikutip dari Antara.

Sambodo menyebut, penurunan angka kecelakaan lalu lintas tahun ini juga terkait dengan gencarnya imbauan keselamatan berlalu lintas yang disampaikan lewat berbagai platform media.

"Beberapa faktor penyebabnya memang imbauan-imbauan selalu kita sampaikan kepada media, angka-angka menunjukkan kegiatan preemtif dan preventif kita meningkat jauh dibandingkan tahun 2019," ujar dia.

Sambodo juga menyampaikan, Operasi Lilin Jaya 2020 juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena petugas Ditlantas Polda Metro Jaya meniadakan langkah represif berupa tindakan bukti pelanggaran atau tilang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus pada Operasi Kemanusiaan

Operasi Lilin Jaya 2020 juga difokuskan pada operasi kemanusiaan dengan fokus edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kemudian selama Operasi Lilin ini kami tidak melakukan penindakan tilang tetapi lebih kepada yang sifatnya persuasif, edukatif preemtif untuk berikan edukasi ke masyarakat agar terutama mentaati aturan lalu lintas, mentaati protokol kesehatan Covid-19," pungkas Sambodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.