Sukses

Jokowi Juga Lantik 5 Wakil Menteri Pagi Ini, Letjen Herindra Isi Posisi Wamenhan

Kepala Staf Umum TNI Letjen Muhammad Herindra akan mengisi posisi Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik 5 Wakil Menteri di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020) pagi. Mereka akan dilantik bersama enam menteri baru hasil reshuffle (perombakan) Kabinet Indonesia Maju.

"Semua wamen di lantik juga bersama para menteri. Lima orang (wakil menteri)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Liputan6.com, Rabu pagi.

Heru mengatakan, dua di antara lima wakil menteri yang dilantik yakni Kepala Staf Umum TNI Letjen Muhammad Herindra. Eks Danjen Kopassus itu akan mengisi posisi Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono, yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Wamenhan Pak Herindra," ujar dia.

Kemudian, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala Nugraha Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara. Dia menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang dipilih Jokowi menjadi Menteri Kesehatan.

"Lainnya saya lupa," ucap Heru.

Sebelumnya, ada enam kementerian yang dirombak oleh Jokowi dengan memilih menteri yang baru. Mereka antara lain, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mengisi posisi Menteri Sosial. Dia menggantikan rekannya di PDIP, Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

Lalu, Jokowi menunjuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama, yang baru setahun dilantik menjadi menteri.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menkes dan Menag

Selain itu, Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari jabatan Menteri Kesehatan. Posisi Terawan lalu diisi oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin. Budi Gunadi sendiri tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

Selanjutnya, Jokowi mendepak Fachrur Razie dari Menteri Agama. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu memasukkan Ketua PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memimpin Kementerian Agama.

Jokowi juga mengumumkan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Sakti yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka dalam kasus ekspor benih lobster.

Terakhir, Jokowi menunjuk Muhammad Luthfi menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan. Sebelum ditunjuk menjadi menteri, Luthfi merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.