Sukses

Andi Irfan Jaya Ungkap Kedekatan Pinangki dengan Djoko Tjandra

Andi dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa [Pinangki](4427727 "") di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa perantara suap pengurusan fatwa di Mahkamah Agung (MA) Andi Irfan Jaya mengungkapkan kedekatan antara Pinangki Sirna Malasari dengan Djoko Tjandra.

Andi dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Pinangki di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2020).

Menurut Andi, antara Pinangki dan Djoko Tjandra memiliki hubungan yang sangat dekat. Pasalnya, menurut Andi, Pinangki pernah menceritakan soal permasalahan rumah tangganya kepada Djoko Tjandra.

"Saya anggap dekat, karena Bu Pinangki berani menyampaikan persoalan rumah tangga ke Djoko Tjandra," ujar Andi dalam kesaksiannya di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita soal Bayi Tabung

Menurut Andi, Pinangki juga sempat menceritakan kebiasaan merokok suaminya yang tak disukai Pinangki. Selain itu, Pinangki juga sempat menyebut ingin memiliki bayi tabung.

"Termasuk dia ceritakan, dia, adalah bayi tabung. Itu saya anggap adalah hal-hal pribadi ya. Anaknya Ibu Pinangki, dan beliau menceritakan ke Djoko Tjandra," kata Andi.

Dalam perkara ini, Pinangki didakwa menerima uang senilai USD 500 ribu dari yang dijanjikan sebesar USD 1 juta oleh Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA). Hal ini dilakukan agar Djoko Tjandra bisa lepas dari eksekusi pidana penjara kasus hak tagih Bank Bali.

Pinangki juga didakwa dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pemufakatan jahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.