Sukses

Rizieq Shihab Bicara Pancasila di Dialog Nasional Reuni 212

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kembali muncul di publik. Kali ini dia berbicara dalam acara Dialog Nasional Reuni 212 yang digelar secara virtual.

Rizieq Shihab yang terlihat memakai masker dan pelindung wajah atau face shield tersebut menyinggung soal Pancasila. Dia meminta Pancasila tidak dibenturkan dengan Islam.

"Makanya tidak salah kalau selama ini kita gaungkan bahwa Pancasila itu adalah warisan ulama, jadi jangan dibentur-bentukan Pancasila dengan ajaran Islam. Maka Pancasila itu menjadi suatu konsensus nasional antara para pendiri bangsa ini dari semua agama," kata Rizieq Shihab, Rabu (2/12/2020).

Dia sepakat bahwa dalam Pancasila banyak terkandung kebaikan, mulai dari soal adab hingga akhlak.

Dirinya pun mencoba mengutip sila kedua dalam Pancasila, yang semua pihak harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

"Nilai kemanusian itu apa? akhlak, nilai keadilan itu apa? akhlak, nilai adab itu apa? akhlak," kata Rizieq Shihab.

2 dari 3 halaman

Akhlak dan Persatuan

Rizieq Shihab pun menyinggung soal sila ketiga dalam Pancasila. Menurutnya, hanya mereka yang berakhlak lah yang menghendaki persatuan. Sementara pihak yang ingin memecah-belah bangsa adalah golongan yang tak berakhlak.

"Persatuan itu kan nilai akhlak, hanya orang yang berakhlak yang mau bersatu, mereka yang ingin memecah-belah bangsa, mereka yang ingin menghancurkan persatuan adalah mereka-mereka yang tidak berakhlak. Jadi setiap akhlak itu sudah masuk, yaitu di dalam dasar negara Republik Indonesia," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: