Sukses

Siapa Pengganti Edhy Prabowo, Moeldoko: Tunggu Saatnya

Moeldoko juga tak mau menjawab saat disinggung apakah penggantian Edhy Prabowo akan berbarengan dengan reshuffle kabinet besar-besaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko enggan mengungkap soal sosok Menteri Kelautan dan Perikanan yang akan menggantikan Edhy Prabowo. Dia meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu sampai diumumkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Haknya masyarakat untuk berspekulasi. Tapi tunggu saatnya. Jawabannya tunggu saatnya," ujar Moeldoko kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Dia juga tak mau menjawab saat disinggung apakah penggantian Edhy Prabowo akan berbarengan dengan reshuffle kabinet besar-besaran. Moeldoko juga memilih bungkam ketika dicecar apakah pengganti Edhy tetap dari Partai Gerindra atau dari kalangan profesional.

"Tunggu saatnya," ucapnya Moeldoko.

Sebelumnya, Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan ekspor benih lobster bersama enam orang lainnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat ini, posisi Edhy Prabowo sebagai menteri KP sedang diisi sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria

Pengamat perikanan Abdul Halim merincikan kriteria yang ideal sebagai MKP. Diantaranya, pertama, memiliki visi dan misi sejalan dengan mandat Pasal 33 UUD 1945.

Kedua, memiliki visi dan misi untuk menjalankan tata kelola sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Ketiga, profesional.

Dan keempat, memiliki rekam jejak keberpihakan terhadap kepentingan nelayan, perempuan nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, dan pelestari ekosistem pesisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.