Sukses

Kalimantan Selatan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kalimantan Selatan akan menjadi tuan rumah di ajang dua tahunan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-29 Tahun 2022.

Pada acara penutupan MTQ Nasional 2020 di Padang, Sumatera Barat, Jumat (20/11/2020) malam, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid menyerahkan bendera secara simbolis kepada Gubernur Kalsel. Sebelumnya, Wamenag menerima bendera tersebut dari Gubernur Sumbar.

Melalui serah terima bendera itu menjadi penanda tuan rumah penyelenggara MTQ Nasional beralih untuk dua tahun ke depan dari Sumbar kepada Kalsel.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan MTQ digelar sejak 1940-an. Kompetisi tersebut kemudian dilombakan pada tingkat nasional pada 1968 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Amin mengatakan, setelah itu MTQ dilaksanakan dari tingkat kecamatan hingga nasional. Selanjutnya, MTQ Nasional diselenggarakan setiap dua tahun. Perhelatan itu sempat digelar setiap tahun, yakni pada 1968 sampai 1977.

Pada 1979 hingga 1985, MTQ Nasional dilangsungkan setiap dua tahun sekali, kemudian kompetisi itu pernah dilangsungkan setiap tiga tahun, yakni pada 1988 sampai 2003.

Sejak MTQN ke-21 pada 2006 di Kendari hingga MTQN ke-28 pada 2020 di Sumatera Barat, ajang nasional itu kembali digelar setiap dua tahun.

Dengan penyelenggaraan MTQN di Sumatera Barat tahun ini membuat Sumbar dua kali menggelar kompetisi itu setelah sebelumnya menjadi tuan rumah ajang yang sama di perhelatan ke-13.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Sumbar Juara Umum

Sebelumnya, kafilah Provinsi Sumatera Barat menjadi juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran Nasional 2020 setelah menempatkan sejumlah anggota kontingennya menjadi yang terbaik di nomor-nomor yang diperlombakan.

Dalam rangkaian acara penutupan MTQN 2020, di Masjid Raya Sumatera Barat, Sumbar, Jumat (20/11/2020), Sumbar menjadi yang terbaik diikuti berurutan juara dua kafilah dari DKI Jakarta dan juara tiga Jawa Timur.

Di rangking 4-10 berturut-turut ditempati kontingen Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Banten, Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Barat.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: