Sukses

Kasus Covid-19 di Kota Bogor Terus Meningkat Usai Libur Panjang

Jumlah kasus baru yang terus meningkat selama beberapa hari terkahir ini nantinya akan diketahui setelah hasil evaluasi bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kasus baru positif Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat terus melonjak pascalibur panjang. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mencatat adanya kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 sejak empat hari terakhir.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, meningkatnya jumlah kasus baru Covid-19 di Kota Bogor dalam beberapa terakhir kemungkinan disebabkan swab test masif selama libur panjang.

"Dilihat dari periodenya, penambahan ini sudah memasuki masa inkubasi 7-14 hari. Artinya bisa jadi penambahan ini kasus selama cuti bersama kemarin," kata Dedie, Senin (9/11/2020).

Selama libur panjang, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor menggelar rapid dan swab test massal secara acak di beberapa titik lokasi, seperti Terminal Baranangsiang, Stasiun Bogor, dan objek wisata. Sasarannya adalah wisatawan maupun penumpang yang hendak bepergian ke luar kota.

"Sekarang sedang kami dalami. Tapi nanti akan keluar hasilnya setelah masa PSBMK berakhir tanggal 11 November," terangnya.

Jumlah kasus baru yang terus meningkat selama beberapa hari terkahir ini nantinya akan diketahui setelah hasil evaluasi bersama.

"Apakah kasus itu dari mereka yang melakukan perjalanan ke luar kota atau dari kasus transmisi lokal itu nanti akan diumumkan," terangnya.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor ini juga mengingatkan kepada masyarakat Kota Bogor tidak lengah mengingat sebaran Covid-19 kembali tinggi.

"Harus betul-betul dibutuhkan kesadaran warga untuk tetap taat dan mengikuti protokol kesehatan sehingga kita semua bisa mencegah penularan dan penyebarluasan Covid-19," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan Kasus Baru

Ia juga meminta pelaku usaha untuk menaati protokol kesehatan, seperti membatasi jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas yang ada, menyediakan tempat cuci tangan dan memberi batas jarak untuk pengunjung.

"Sama-sama kita cegah kerumunan dan mengingatkan yang lain tetap memakai masker," ujarnya.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mengumumkan penambahan kasus baru, Senin (9/11/2020) pukul 14.00 WIB. Tercatat sebanyak 37 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Kota Bogor berjumlah 2401 orang. Sementara jumlah pasien sembuh pada periode yang sama sebanyak 26 pasien. Jumlah keseluruhan pasien sembuh mencapai 1858 orang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.