Sukses

Satgas Covid-19 Kaji Tarif Tes Swab, Tertinggi Rp 797 Ribu

Wiku menegaskan, pemerintah ingin memastikan bahwa tarif tes swab bisa dijangkau masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tengah mengkaji tarif tes swab ideal di tengah pandemi Covid-19. Namun, proses pengkajian belum rampung.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan kemungkinan tarif tes swab berada di kisaran Rp 493.000 sampai Rp 797.000.

"Jadi harga swab berkisar antara Rp 493.000 sampai Rp 797.000 tersebut masih dikaji terus oleh pemerintah,"  ujarnya, Jumat (2/10/2020).

Wiku menegaskan, pemerintah ingin memastikan bahwa tarif tes swab bisa dijangkau masyarakat. Selain itu, tarif tes swab tidak boleh membebankan masyarakat, terutama bagi yang ingin melakukan pemeriksaan mandiri.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Larang Ambil Untung

Di sisi lain, pemerintah ingin mengakomodir kepentingan penyelenggara tes swab. Misalnya, pengambilan keuntungan dari setiap tes swab.

"Tentunya pasti mengambil (keuntungan) tapi dalam jumlah yang terbatas karena ini masa pandemi. Sehingga toleransi yang terjadi secara keseluruhan itu nanti akan kami umumkan kepada publik setelah semua kajian tersebut selesai," sambungnya.

Sebagai informasi, tarif tes swab Covid-19 saat ini bervariatif. Ada yang dihargai ratusan ribu bahkan melebihi satu juta rupiah. 

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.