Sukses

Doni Monardo: Klaster Kantor, Pekerja Terpapar Covid-19 di Transportasi Umum

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sumber penularan virus Covid-19 sudah mengalami perubahan. Di awal masa pandemi, paling banyak di tempat ibadah atau kegiatan keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sumber penularan virus Covid-19 sudah mengalami perubahan. Pada awal pandemi, penyebaran paling banyak berasal di tempat ibadah atau kegiatan keagamaan.

Kini, berpindah ke pasar ataupun tempat kerja. Meskipun, menurut Doni, setiap daerah memiliki risiko penularan Covid-19 yang berbeda.

"Setiap daerah memiliki risiko penularan yang berbeda. Pada awal kejadian Covid, paling banyak kita temukan sumber penularan di tempat ibadah atau kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan. Tetapi akhir-akhir ini penularan lebih sering terjadi di pasar, di tempat kerja," kata Doni, Minggu (30/8/2020).

Dia pun mengungkapkan, jajarannya menelusuri alasan banyaknya pekerja terpapar Covid-19. Terungkap, kebanyakan mereka yang tertular, menggunakan transportasi umum.

"Kita telusuri apa penyebabnya, khusus di tempat kerja rata-rata mereka yang terpapar lebih banyak menggunakan transportasi umum," kata Doni.

Karena itu pula, Doni menyarankan masyarakat tetap wajib menggunakan masker.

"Oleh karenanya tadi bapak Menko (Menko Perekonomian) mengingatkan kita semua menggunakan masker ini wajib, tetapi pengetahuan kualitas masker pun harus dipahami masyarakat," jelas Doni.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertambah

Angka kasus Corona Covid-19 di Indonesia jumlahnya masih terus bertambah secara signifikan. Pada Minggu (30/8/2020), ada penambahan 2.858 orang yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Sehingga, total akumulatif sampai saat ini, sebanyak 172.053 orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Informasi ini disampaikan Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19.

Sementara itu, jumlah pasien sembuh pada hari ini bertambah 1.383 orang. Total akumulatifnya, ada 124.185 orang berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Corona Covid-19 di Indonesia hingga saat ini.

Sedangkan pasien meninggal dunia pada hari ini bertambah 82 orang. Jadi, total akumulatif di Indonesia sampai saat ini, sebanyak 7.343 pasien Corona Covid-19 meninggal dunia.

Data terbaru pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Sabtu, 29 Agustus, pukul 12.00 WIB, hingga pukul 12.00 WIB hari ini.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.