Sukses

TNI AL Luncurkan Kapal Perang Buatan Dalam Negeri

Rencananya kapal tersebut akan memperkuat jajaran unsur patroli di bawah Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI AL X/Jayapura dan Belawan.

Liputan6.com, Jakarta TNI AL meluncurkan dua kapal perang baru produksi dalam negeri dengan jenis Patroli Cepat 40 Meter (PC-40 M), yakni Karotang-872 dan Mata Bongsang-873.

"Pembangunan kapal patroli 40 M ini, merupakan bagian integral dari pembanguan kekuatan TNI AL sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ada, yang bertujuan untuk mendukung pemenuhan tugas TNI AL," kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono saat meresmikannya di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Senin, 24 Agustus 2020 kemarin. 

Dia juga mengungkapkan, bahwa Indonesia sebagai negara maritim kepulauan terbesar di dunia, sudah seharusnya memperkuat kemampuan dalam mengamankan wilayah perairan yang sangat luas.

"Hal ini guna menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia yang merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai negara kepulauan," lanjutnya dilansir Antara

Kapal patroli cepat di kelas 40 meter ini, memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton.

Kapal yang dimaksudkan beroperasi di perairan litoral ini ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot, serta memiliki ketahanan berlayar selama enam hari.

Kapal perang ini juga dilengkapi dengan dua unit radar dan meriam 30 mm dan akan diawaki 35 prajurit.

Kapal perang ini merupakan produksi PT Karimun Anugrah Sejati. Rencananya kapal tersebut akan memperkuat jajaran unsur patroli di bawah Satuan Patroli  Pangkalan Utama TNI AL X/Jayapura dan Satuan Patroli  Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Pemecahan Kendi

Tradisi peluncuran kapal perang ditandai prosesi pemecahan kendi oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny Vero Yudo Margono, selaku "Ibu Kandung Kapal", pemotongan tali tambat dan penyerahan miniatur kapal.

Hadir pada kegiatan tersebut para pejabat teras TNI AL, yaitu para asisten kepala staf TNI AL, para panglima Komando Armada I, Komando Armada II, kepala Dinas Penerangan TNI AL, dan lain-lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.