Sukses

Tinjau Tol, Menhub Minta Warga Antisipasi Macet Arus Balik Usai Libur Panjang

Menhub Budi Karya meninjau jalur tol mulai dari Jakarta hingga Cikopo, Jawa Barat menggunakan helikopter untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus balik.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik libur panjang akhir pekan diprediksi terjadi Minggu (23/8/2020) sore hingga malam ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun meninjau tol dari Jakarta hingga Cikopo, Jawa Barat menggunakan helikopter untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus balik.

"Kami berharap tidak ada lonjakan yang signifikan pada hari ini, namun Kemenhub bersama Korlantas Polri dan Jasa Marga tetap siaga bersinergi untuk melakukan antisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan," ujar Budi di Cikopo, Jawa Barat, Minggu (23/8/2020).

Budi mengatakan, masyarakat mulai memanfaatkan libur panjang di akhir pekan ini untuk berkendara melalui jalan darat di masa adaptasi kebiasaan baru.

Untuk itu, lanjut dia, para pihak terkait harus bisa memberikan kepastian bahwa semua sarana dan prasarana dapat melayani dengan baik, termasuk fasilitas-fasilitas di rest area yang tentunya tetap wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Libur panjang akhir minggu ini bisa menjadi pembelajaran dan latihan untuk menghadapi perilaku masyarakat yang mulai memanfaatkan libur akhir minggu untuk melakukan perjalanan, seperti berwisata melalui jalan darat," jelas Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Masyarakat Tak Kembali Bersamaan

Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak kembali pada waktu bersamaan pada puncak arus balik untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan dan menyebabkan kemacetan parah.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat memastikan kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima serta mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area.

Dalam tinjauannya, Menhub Budi Karya didampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Mereka mengunjungi dua lokasi yaitu Pos Polisi di Cikopo dan Gerbang Tol Cikampek Utama.

Budi Karya juga mendengarkan laporan dari Kakorlantas Polri dan Dirut Jasa Marga terkait kesiapan antisipasi lonjakan arus kendaraan.

 

Reporter: Genan Kasah

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.