Sukses

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, BNPB: Situasi Aman

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan, situasi di Gunung Sinabung masih aman.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung kembali erupsi Kamis (13/8/2020). Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan, situasi di Gunung Sinabung masih aman.

Gunung berapi tersebut masih berstatus Level III atau Siaga.

"Kondisi dan situasi di tengah masyarakat aman," ujar Raditya dalam siaran tertulis BNPB, Jakarta, Kamis.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM melaporkan kolom abu berwarna kelabu akibat erupsi Gunung Sinabung, mengarah ke timur, tenggara dan selatan.

Erupsi Gunung Sinabung terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pembersihan dan penyemprotan sisa abu vulkanik pascaerupsi beberapa hari ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erupsi Lanjutan

Pukul 08.31 WIB, Kamis tadi, Gunung Sinabung kembali erupsi. Tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 4.460 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara," info PVMBG.

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 17 menit 15 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.