Sukses

Gerakkan Ekonomi Daerah, Sesmenko Marves Ajak Peserta Raker Habiskan Uang di Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi mulai menjadi destinasi berbagai kementerian dan lembaga untuk beraktivitas di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Banyuwangi mulai menjadi destinasi berbagai kementerian dan lembaga untuk beraktivitas di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Salah satunya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) yang menggelar rapat kerja mulai Selasa-Kamis (27-29/7/2020). Sedikitnya 163 karyawan Kemenko Marves rapat di Banyuwangi.

“Pemerintah memang terus mendorong aktivitas yang produktif dan aman dari Covid-19, termasuk melalui kegiatan kementerian. Kita gerakkan ekonomi daerah, ini ratusan pakaian dan penutup kepala khas Banyuwangi kami pesan ke penjahit kampung di Banyuwangi,” ujar Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono, Selasa (28/7/2020).

Kepada para peserta rapat, Agung mengajak untuk menghabiskan uang dengan membeli oleh-oleh di UMKm dan warung rakyat.

“Saya bilang ke semua peserta, ayo beli oleh-oleh di UMKM, kulineran di warung rakyat. Istilahnya, habiskan uang Anda di Banyuwangi,” imbuh Agung kepada para peserta.

Agung mengatakan, Kemenko Marves mendorong kementerian yang ada di lingkungannya untuk kembali berkegiatan, terutama di daerah-daerah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kementerian Gelar MICE

Sebanyak tujuh kementerian/lembaga di bawah Kemenko Marves yang diinstruksikan untuk kembali menggelar MICE di daerah adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Silahkan datang ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, salah satunya Banyuwangi,” ujar Agung.

Selain Kemenko Marves, kementerian lain yang sudah berkegiatan di Banyuwangi di masa adaptasi kebiasaan baru adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan pada pekan lalu.

 

3 dari 3 halaman

MICE Bangkitkan Ekonomi Daerah

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memilih Banyuwangi sebagai salah satu daerah yang akan dikunjungi untuk kegiatan MICE kementerian/lembaga.

“Terima kasih Presiden Jokowi, Menko Marves, Menteri Pariwisata, dan Gubernur Jatim yang selama ini terus mendukung inovasi daerah, termasuk Banyuwangi dalam menyiapkan pemulihan ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru,” ujar Anas.

Anas optimistis, dengan mulai dibukanya berbagai kegiatan MICE berstandar protokol kesehatan, ekonomi daerah bakal kembali bergeliat.

“UMKM, warung-warung rakyat, jasa transportasi dan akomodasi, dan sebagainya akan kembali laris,” papar Anas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini