Sukses

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif Covid-19, Sempat Bertemu Jokowi

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu.

Jakarta Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu.

Purnomo mengatakan mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

"Coba tanya kepala dinas (kesehatan Kota Solo) saja, saya kan dua kali (tes swab) yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif la saya ndak berani cerita. Nyuwun (minta) periksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia.

Purnomo mengaku saat ini menjalani karantina mandiri di rumah mulai kemarin sore. Purnomo mengaku menjalani tes swab dua kali pada Jumat (17/7/2020) dan Sabtu (18/7/2020) lalu dengan didatangi petugas di kediamannya.

"Kayaknya saya merasa sehat sekali, nggak ada keluhan sama sekali, ndak tahu ini. Ya supaya hati-hati," kata Purnomo.

Sehari sebelum menjalani tes swab, Purnomo diketahui bertemu Jokowi pada Kamis (16/7/2020). Mereka bertemu sehari sebelum PDIP mengumumkan mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwalkot Solo 2020.

Dari Jokowi pula, Purnomo mengetahui jika PDIP menjatuhkan pilihan ke Gibran.

Selama sepekan terakhir, Purnomo sempat menghadiri beberapa agenda, di antaranya rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu (22/7/2020) dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Kamis (23/7/2020). Setelah mengikuti rapat dengan OJK, Purnomo baru menerima hasil tes swab tersebut.

"Kemarin sore masih rapat di OJK. Isunya (positif Covid-19) kemarin sore. Kejelasannya nyuwun periksa kepala dinas saja," kata Purnomo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dites Swab

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, juga membenarkan informasi Purnomo positif Covid-19. Dia menjelaskan hasil tes swab pertama Purnomo hasilnya antara positif dan negatif atau abu-abu, sedangkan kedua positif.

"Besok swab kabeh (semua)," kata dia.

Simak berita Solopos lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.