Sukses

Pulang dari Arab Saudi, Etty Toyib Akan Dikarantina di Wisma Atlet

Liputan6.com, Jakarta - Etty Toyib, TKI yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi tak bisa langsung pulang ke Majalengka, Jawa Barat.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, Etty akan menjalani karantina mandiri di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara.

"Tidak langsung dipulangkan, karantina mandiri 14 hari di Pademangan Wisma Atlet. Tadi sebelum ke sini belum rapid test," ujar Ida di Jakarta, Senin, 6 Juli 2020.

Saat tiba di bandara pun, Etty mengenakan masker yang tak dilepasnya. "Tetap harus menerapkan protokol kesehatan," kata Ida.

Etty Toyib tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta Senin sore, dengan menggunakan pesawat charter SV-818 Ex Saudi bersama ratusan TKI lainnya dari Arab Saudi. Bahkan, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menjemput langsung kedatangan Etty di Terminal 3 ruang VVIP.

2 dari 3 halaman

Air Mata Bahagia

Saat keluar dari pesawat, Etty langsung mengucurkan air mata tanda bahagia melihat banyak wajah-wajah warga Indonesia. "Alhamdulillah, alhamdulillah," katanya berkali-kali.

Sebelum lolos dari hukuman mati, Etty menjalani kurungan penjara selama 18 tahun. Sebagai informasi, pada tahun 2001, Etty didakwa menjadi penyebab meninggalnya sang majikan, Faisal Al-Ghamdi dengan tuduhan meracuni sang majikan. Dalam persidangan, keluarga majikan menuntut hukuman mati kisas dan pengadilan memutuskan hukuman mati/qisas.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: