Sukses

Lomba Hadapi New Normal Covid-19, Pemerintah Hadiahkan Miliaran Dana Insentif untuk Pemda

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menggelar lomba membuat video sosialisasi tentang inovasi tatanan normal baru atau new normal produktif dan aman Covid-19 yang diikuti seluruh pemerintah daerah. Pemenangnya diumumkan hari ini.

"Kemendagri bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, Kemenpan RB, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan, berinisiatif untuk mengadakan lomba antardaerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya, Senin (22/6/2020).

Dia mengatakan, simulasi tatanan normal baru ada di tujuh sektor kehidupan, yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi publik, dan pelayanan terpadu satu pintu atau PTSP. Tito menjelaskan, lomba ini dibagi empat cluster tingkatan pemda.

"Selain piagam hadiahnya, juga atas kebaikan ibu Menteri Keuangan, diberikan Dana Intensif Daerah (DID) untuk pemenang pertama setiap kategori dan setiap cluster daerah diberikan DID sebesar Rp 3 miliar," kata Tito.

"Pemenang kedua Rp 2 miliar, dan pemenang ketiga Rp 1 miliar. Sehingga total terdapat 84 pemenang terdiri atas juara 1, 2, dan 3 untuk 7 sektor kehidupan dan 4 cluster Pemda dengan total hadiah DID sebanyak Rp 168 miliar," tambah dia.

Dia mengatakan, niat baik diadakan lomba ini agar dapat memudahkan bangsa Indonesia untuk dapat beradaptasi dan menghadapi Covid-19. "Bangsa kita tetap survive, dan bahkan melompat kembali ekonomi pembangunannya menuju bangsa yang lebih maju dan sejahtera," kata Tito.

2 dari 3 halaman

Update Corona Minggu 21 Juni: Bertambah 862, Kasus Positif Covid-19 Jadi 45.891 Orang

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia masih terus bertambah.

Menurut Yurianto, Minggu (21/6/2020), terdapat penambahan 862 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona Covid-19.

"Sehingga totalnya menjadi 45.891 orang," ujar Yurianto dalam konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Kemudian, untuk jumlah pasien sembuh pada bertambah 521 orang. Sehingga, total ada 18.404 pasien di Indonesia yang sudah dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19.

Sementara itu, pasien meninggal dunia akibat virus corona bertambah 36 orang. Dengan begitu, total akumulatifnya sebanyak 2.465 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona Covid-19.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 12.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: