Sukses

Begini Cara Dokter Reisa Beri Pengertian pada Anak soal Pandemi Covid-19

Dokter Reisa memberikan pengertian kepada anaknya tentang alasan untuk tidak pergi ke pusat perbelanjaan, dan tetap berada di rumah di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Reisa Broto Asmoro saat ini bergabung dalam Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Selain bertugas mengedukasi masyarakat untuk disiplin dengan protokol kesehatan, sebagai ibu dari dua orang anak, dia pun mengungkap langkah yang digunakan untuk memberi pengertian kepada anak-anaknya soal pandemi.

"Saya mengenalkan dulu kondisinya itu seperti apa. Ketika mereka harus sekolah di rumah, mereka pasti akan bingung. Itu dulu yang saya usaha berikan pemahaman supaya mereka tidak bingung," kata Reisa kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2020. 

Dia juga memberikan pengertian kepada anaknya tentang alasan untuk tidak pergi ke pusat perbelanjaan, dan tetap berada di rumah.

"Pasti dengan menggunakan bahasa yang gampang dan tidak menakut-nakuti mereka," ujarnya.  

Selain memberi pengertian, dokter Reisa juga menyampaikan solusi atau langkah dalam menghadapi situasi di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, kebiasaan baru atau protokol kesehatan yang saat ini sedang diberlakukan, harus dijelaskan sedini mungkin.

"Itu akan mengurangi ketakutan mereka. Dan kita akan jadi lebih tenang karena mereka sudah paham," kata Runner Up Puteri Indonesia 2010 ini.

Dokter Reisa juga menyarankan orang tua untuk memanfaatkan kondisi saat ini, sebagai kesempatan untuk memiliki kualitas waktu dan pelekatan dengan anak-anak. Karena menurutnya situasi saat ini tidak akan terlupakan oleh anak hingga dewasa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Gizi Seimbang dan Berolahraga

Salah satu kegiatan untuk mempererat hubungan bersama anak adalah berolahraga bersama.

"Treadmill bareng aja sudah jadi seru, apalagi anak-anak saya masih kecil. Akhirnya main sama anak-anak juga olahraga," ujar Reisa.

Selain berolahraga untuk menjaga kebugaran selama pandemi Covid-19, dokter Reisa juga mengingatkan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat.

"Pola hidup sehat, mulai dari makan harus diperhatikan banget, jadi saat ini gizi seimbang itu benar-benar harus diterapkan, minum cukup, tidur cukup, mengurangi stres juga," tambahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.