Sukses

Di Era New Normal, Jokowi Akan Fokus pada Wisatawan Domestik

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya menyiapkan strategi khusus untuk pariwisata di era new normal atau tatanan kehidupan baru. Menurut dia, pembukaan sektor pariwisara tahap awal akan fokus ke wisatawan domestik.

"Kita juga harus siapkan strategi khusus dalam promosi pariwisata kita di era new normal ini. Saya kira kita perlu fokus terlebih dahulu untuk mendorong pariwisata domestik, wisatawan domestik," ucap Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, Jokowi meminta Menteri Pariwisata Wishnutama menyiapkan program promosi pariwisata di dalam negeri yang aman dari virus corona (Covid-19). Termasuk, menggencarkan promosi produk lokal dan atraksi pariwisatanya.

Jokowi menegaskan pembukaan sektor pariwisata di era new normal tersebut tetap harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Dengan begitu, maka risiko penularan virus corona di area wisata dapat ditekan.

"Sekali lagi, tolong ini lapangannya diikuti dengan ketat sebelum kita membuka sehingga wisatawan baik domestik maupun luar bisa berwisata dengan aman dan masyarakat bisa produktif utamanya bagi pelaku-pelaku pariwisata," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan Harus Matang

Kendati begitu, dia meminta pelaku usaha tidak terburu-buru membuka destinasi wisata. Jokowi menekankan harus ada persiapan yang matang sebelum area wisata dibuka untuk umum.

"Mengenai waktunya kapan ini betul-betul tolong tidak usah tergesa-gesa tetapi tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan dilalui dan dikontrol dengan baik," tutur Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: