Sukses

Akhir Pelarian Youtuber Ferdian Paleka

Setelah kehilangan jejak di Bogor, keberadaan Ferdian Paleka terdeteksi. Youtuber pembuat prank sampah itu diketahui di tol Tangerang Merak. Operasi penangkapan pun dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Youtuber Ferdian Paleka tengah menjadi perbicangan publik karena aksi konyolnya yang membagi-bagikan makanan sampah ke beberapa transpuan. Ferdian merekam dan menjadikannya sebagai sebuah konten di akun youtube pribadinya dengan judul “Prank Kasih Makanan ke Banci CBL”.

Dalam rekamannya, Ferdian Paleka memasukkan batu bata, sampah ke dalam kardus mi instan. Kardus-kardus itu kemudian diberikan ke empat transpuan yang tengah berada di pinggir jalan kawasan Bandung.

Video itu viral hingga menyita perhatian khalayak. Mereka mengecam aksinya yang dilakukan oleh Ferdian Paleka bersama seorang rekannya, berinisial T.

Bahkan beberapa warga Bandung sempat menggeruduk kediaman Ferdian Paleka Minggu (3/5/2020). Namun, warga tak berhasil menemukan sosoknya.

Belakangan, konten itu dihapus dari kanal youtubenya. Ferdian Paleka juga menyampaikan permintaan maaf secara tertulis melalui fitur Instagram Stories yang diunggah pada Senin (4/5/2020).

Sang ibunda, dengan menitikkan air mata juga ikut meminta maaf kepada publik atas ulah anaknya.

Tapi, beberapa transpuan yang menjadi korbannya terlanjur kesal. Permintaan maaf itu dinilai tak cukup untuk membayar rasa sakit hati. Salah satu dari mereka akhirnya melaporkan ke Polrestabes Bandung.

Polisi turun tangan mengusut kasus ini. Satuan Reskrim Polrestabes Bandung dikerahkan untuk mencari keberadaan Ferdian Paleka. Sementara, rekannya telah menyerahkan diri.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, mengatakan Ferdian Paleka telah kabur dari Bandung. Saat itu, jejaknya terendus di wilayah Bogor.

"Kemarin dia (Ferdian Paleka) itu ada di Bogor. Dia ada di luar kota, kita cek ada di Bogor, kita lagi kejar ke Bogor," kata Ulung, di Pendopo Kota Bandung, Rabu (6/5/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Kejar-Kejaran

Selama berhari-hari melakukan pencarian akhirnya membuahkan hasil. Pelarian Ferdian Paleka itu akhirnya terhenti. Dia ditangkap di Tol Tangerang-Merak, di KM 19 dari Merak menuju Jakarta, Kamis (7/5/2020) pukul 23.30 WIB.

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto saat dihubungi Liputan6.com menuturkan detik-detik penangkapan Ferdian. Kata dia, penagkapan Ferdian di tol tidak berjalan mulus. Mobil yang dikendarai Ferdian di Tol Tangerang-Merak, arah Banten menuju Jakarta sempat tidak mau dihentikan petugas kepolisian.

"Sempat kejar-kejaran, dari sekitar KM 21 atau 22 gitu. Baru dia mau diberhentikan," ungkap Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

Setelah berhasil diberhentikan, Ferdian langsung dibawa dan diamankan ke Mapolda Jabar, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.